Harga Ayam Potong Tembus Rp40.000 per Kilogram di Cirebon

331
Pedagang ayam potong-Foto: Dokumentasi CDN.

CIREBON — Harga ayam potong di Cirebon, Jawa Barat, saat ini tembus hingga Rp 40.000 per kilogram, diperkirakan karena kurangnya pasokan.

“Sekarang per kilogramnya sudah 40 ribu, ini naik lagi dibandingkan seminggu yang lalu,” kata seorang pedagang ayam potong, Atin di Cirebon, Kamis (27/12/2018).

Menurutnya, kenaikan harga ayam seakan sudah menjadi rutinitas setiap ada perayaan hari besar, seperti Lebaran, Natal dan juga pergantian tahun atau Tahun Baru.

Kali ini kata Atin, kenaikan harga ayam mulai dari pemasoknya. Selain itu ayam juga sulit ditemukan, karena harus pesan terlebih dahulu, tidak seperti biasa.

“Dari pemasoknya juga sudah mulai naik, dan kenaikannya bahkan hampir setiap hari,” ujarnya.

Atin menambahkan, jika hari biasa atau normalnya, harga ayam dikisaran Rp28-30 ribu per kilogram. Saat ini terus merangkak naik, mulai dari Rp1.000 hingga saat ini sudah sampai Rp 10.000.

Dengan adanya kenaikan harga ayam tentu membuat dirinya merasa tidak enak kepada para pelanggan, sebab harganya tidak stabil dan terus merangkak naik.

“Kalau harganya naik kan kurang enak juga sama para pelanggan. Mereka juga sering tanya kenapa naik lagi. Tapi saya jawab seadanya saja, karena memang dari pemasoknya juga sudah naik,” katanya.

Sementara itu Kanna, pembeli ayam potong mengaku sudah terbiasa ketika mendapati harga ayam mulai naik. Ia mengaku terpaksa harus mengeluarkan uang tambahan agar bisa mendapatkan ayam dengan berat yang sama.

“Setiap kali beli harganya beda lagi, kemarin seperempat kilo itu Rp 8.000, tapi sekarang sudah Rp 10.000, tentu ada pengeluaran tambahan,” katanya. [Ant]

Baca Juga
Lihat juga...