Harga Bahan Pokok di Lebak Stabil

Gula pasir, ilustrasi -Dok: CDN

LEBAK – Harga bahan pokok kebutuhan masyarakat di Lebak, Banten terpantau stabil. Permintaan menjelang Natal dan Tahun Baru, belum mempengaruhi harga di pasar.

Sementara, jika harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan, Pemerintah Kabupaten Lebak, siap menggelar Operasi Pasar (OP). Salah satu prasyarat dilakukannya OP adalah, apabila terjadi kenaikkan di atas 10 persen dari harga normal. “Kita sudah melaksanakan rapat bersama tim penanggulangan inflasi daerah (TPID), Satgas Pangan dan Perum Bulog,” kata Sekertaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak, Orok Sukmana, Sabtu (15/12/2018).

OP, menjadi salah satu upaya untuk menstabilkan harga di pasar, agar daya beli masyarakat meningkat. Pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk melakukan intervensi, dengan menggelar OP. Namun, sejauh ini harga bahan pokok menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 relatif stabil. “Kami hanya menerima laporan, kenaikkan terjadi di komoditas cabai keriting dengan inflasi 9 persen dan telur 3 persen,” ungkapnya.

Lihat juga...