Harga Beras dan Jagung di Baturaja Naik

187
Beras - Dok: CDN

BATURAJA – Harga beras di pasar tradisional di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, mengalami kenaikan 10 persen. Sebelumnya, beras berharga di kisaran Rp10 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp11 ribu per kilogram.

“Harga beras jenis premium sekarang mengalami kenaikan Rp1.000 per kilogram-nya,” kata pedagang sembako di Pasar Atas, Susi.

Menurutnya, kenaikan harga beras terjadi sejak beberapa pekan terakhir. Kenaikan terjadi, dipicu menipisnya persediaan bahan kebutuhan pokok tersebut ditingkat pedagang. “Pasokan beras di tingkat petani dari Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur sekarang terbatas, dikarenakan mungkin sekarang baru memasuki musim tanam,” ujarnya.

Dampak kenaikan harga tersebut, omset yang didapat dari hasil penjulan beras menurun. Pembeli cenderung hanya membeli beras dalam jumlah yang sedikit. “Sejak harga mahal, pembeli hanya membeli beras dalam jumlah yang sedikit,” tandasnya.

Menurut Lisa, pedagang sembako lain, selain beras, harga jagung saat ini juga mengalami kenaikan. Jagung sebelumnya dijual di harga Rp4 ribu per kilogram, kini harganya berada di Rp6 ribu per kilogram. “Kenaikan harga jagung, juga dipicu akibat pasokan dari tingkat petani menipis. Mungkin sekarang sedang memasuki musim tanam,” tandasnya.

Kenaikan harga jagung, juga berdampak pada omset penjualan yang menurun drastis dibandingkan masih diharga normal sebelumnya. “Sebelumnya saya bisa menjual 1 ton beras dan jagung dalam 2-3 hari. Namun sekarang dalam kurun waktu tersebut paling sekitar satu ton yang laku terjual,” pungkasnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...