Harga per Kilo Cabai Rawit di Sorong Naik Rp10.000

Ilustrasi /Foto: Dok. CDN

SORONG — Harga cabai rawit di pasar tradisional Kota Sorong, Papua Barat, menjelang perayaan Natal mengalami kenaikan Rp10.000 per kilo.

Pedagang di Pasar Remu Kota Sorong, Papua Barat, Selasa, rata-rata menawarkan satu kilogram seharga Rp70.000 atau naik Rp10.000 dari harga sebelumnya Rp60.000 per kilogram.

Bahkan seorang pedagang Pasar Remu Kota Sorong, Jamaludin (42), mengaku menjual seharga Rp80.000 per kilogram karena harga di tingkat agen dan petani naik.

Menurut dia, cabai rawit yang dijual pasar tradisional Remu ada yang berasal dari petani lokal, ada pula yang didatangkan dari luar Kota Sorong.

Ia mengatakan stok yang didatangkan dari luar Kota Sorong terbatas karena keterlambatan kapal, sehingga harga cabai rawit lokal pun naik.

Jamaludin mengatakan cabai yang dijual di Pasar Remu Sorong sebagian besar berasal dari petani lokal dan stok terbatas, sedangkan permintaan di pasar cukup tinggi sehingga harga naik.

“Sedangkan tomat stok melimpah baik di agen maupun petani sehingga harga tetap stabil Rp20.000 per kilogram,” katanya. [Ant]

Lihat juga...