Hempaskan MU, Liverpool Geser City dari Puncak Klasemen

Editor: Makmun Hidayat

LIVERPOOL — Persaingan di papan atas Liga Primer berlangsung cukup ketat. Posisi pimpinan klasemen sementara terus berganti. Setelah sempat diambil alih Manchester City, Liverpool kembali naik ke puncak setelah memecundangi Manchester United.

Pada laga yang berlangsung di Anfield, tadi malam, The Reds berhasil mengemas kemenangan penting atas rival abadinya, Manchester United. The Reds memaksa Setan Merah pulang dengan membawa kekalahan 1-3.

Tambahan tiga poin membuat skuad asuhan Jurgen Klopp berhak atas tahta pimpinan klasemen sementara dengan koleksi 45 poin. The Reds terpaut hanya satu poin di atas Manchester City yang menghuni posisi kedua klasemen.

Sedangkan United masih tertahan di urutan enam klasemen sementara dengan koleksi 26 poin hasil dari 17 laga Liga Primer musim ini. United bahkan terpaut delapan poin dari Arsenal yang ada di urutan lima klasemen.

Lawatan The Red Devils ke Anfield kali ini menyisakan noda bagi penghuni Theatre of Dream. Setelah mencatat hasil apik tidak pernah kalah dari delapan pertemuan berakhir di semua kompetisi kontra Liverpool, United justru gagal tampil menjanjikan di Anfield. Sepanjang laga anak asuh Jose Mourinho hanya sanggup mencetak dua tembakan ke arah gawang.

Salah satunya tembakan Jesse Lingard yang membuat skor berubah imbang 1-1 setelah Sadio Mane mencetak gol pembuka bagi Liverpool. Tapi dua gol penting dari Xherdan Shaqiri memastikan tiga poin bagi Liverpool. Pemain asal Swiss ini menjadi yang kedua setelah Dirk Kuyt melakukannya pada Maret 2011 silam.

Liverpool sendiri tampil percaya diri sejak awal. Peluang dari Roberto Firmino dan Mohamed Salah menjadi pertanda baik bagi tuan rumah. Menit 24, Sadio Mane memecah kebuntuan sekaligus mengakhiri paceklik delapan laga tanpa gol di musim ini.

Sempat mengontrol bola hasil umpan dari Fabinho, Sane mengirim si kulit bundar ke arah gawang dan melewati bagian bawah David de Gea tanpa menyentuh tanah. Keunggulan Liverpool tak bertahan lama. Sembilan menit berikutnya Jesse Lingard membuat skor berubah 1-1.

Permainan seru terulang di babak kedua. Kedua tim terlibat saling serang. Masuk 20 menit sisa laga, Jurgen Klopp melakukan gambling dengan memasukkan Xherdan Shaqiri menggantikan Naby Keita. Tapi gambling Klopp berbuah manis.

Shaqiri membuat Liverpool kembali unggul tiga menit setelah dimainkan. Tujuh menit berikutnya, Shaqiri kembali mencetak gold an membuat The Reds unggul 3-1.

Lihat juga...