Hujan Lebat, Tiga Komplek di Bekasi Terendam Banjir

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

BEKASI — Hujan yang menguyur Kota Bekasi, Jawa Barat (Jabar) sejak Isya menyebabkan tiga komplek perumahan di Kecamatan Jati Asih terendam banjir setinggi 75 centimeter (CM) pada Kamis (13/12/2018) malam.

Banjir dari meluapnya Kali Cakung Payangan yang melintasi kawasan tersebut merendam Komplek Perumahan Nasio Indah, Graha Indah di Kelurahan Jatimekar dan IKIP Kelurahan Jatikramat.

“Ada tiga wilayah terendam banjir. Tinggi air di tiga komplek tersebut mencapai 75 CM,”kata Kanit Binmas Polsek Jatiasih, Polres Metro Bekasi Kota, kepada Cendana News.

Disebutkan, banjir tersebut merupakan kiriman dari Bogor.

Binmas berjaga untuk melihat kondisi, jika dalam waktu tiga jam debet air di Kali Cikeas dan Cileungsi tidak menurun maka air di tiga komplek tersebut akan meluap.

Pantauan di lapangan hingga pukul 23.30 Wib, di komplek Nasio Indah dan komplek IKIP, masyarakat sekitar memilih memarkirkan kendaraannya di luar areal rumah seperti di SPBU yang berada tidak jauh dari komplek.

Banjir juga menggenangi sejumlah jalan umum di lingkungan Komplek Nasio dan Graha Indah dan di depan Komplek TNI AD menuju pasa Pondokgede. Meskipun cukup tinggi, terlihat sejumlah kendaraan roda tetap nekat melintas.

Terlihat sejumlah petugas dari Kepolisian, dibantu Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bekasi bersiaga di tiga lokasi banjir tersebut. Mereka juga membantu pengaturan lalulintas dan melakukan pengamanan jika debet air terus meningkat.

Sementara itu, Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas, Puarman Kahar melaporkan status hulu sungai Cileungsi saat ini berada di posisi siaga 3, dengan tinggi muka air hingga pukul 22.35 mencapai 150 CM sementara kondisi cuaca di waktu tersebut tengah mendung.

Kanit Binmas Polsek Jatiasih Iptu. Sabenih. Foto: Muhammad Amin

Sedangkan kondisi hulu sungai Cikeas, hingga pukul 21.30 ketinggian permukaan air berada di posisi 143 CM. Sementara tinggi muka air (TMA) saat pertemuan antara sungai Cikeas dan Cileungsi menuju Kali Bekasi hingga pukul 22.51 WIB mencapai 565 CM.

“Data ini didapat dari kamera pemantauan serta tim KP2C yang tersebar di aluran sungai. KP2C dalam hal ini meminta kewaspadaan di sebagian wilayah potensi banjir,” pungkas Puarman.

Lihat juga...