Hutan Pusuk, Hasil Keringat Romusha

Pulau Lombok - Foto istimewa

MATARAM – Bagi warga Pulau Lombok, nama Hutan Pusuk sudah tidak asing lagi. Hutan Pusuk merupakan jalan singkat dari ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat, Mataram ke Pamenang, Kabupaten Lombok Utara.

Keberadaanya, membantu untuk mempersingkat waktu hingga 30 menit, ketimbang mengikuti jalan memutar ke Senggigi, Kabupaten Lombok Barat yang didominasi pemandangan pantai. Dengan jalan yang berkelok-kelok membelah punggungan perbukitan, menjadi ciri khas Jalan Hutan Pusuk yang dalam Bahasa Sasaknya, Pusuk berarti puncak. Jalan itu juga membelah kerimbunan pepohonan, dengan sesekali di kiri kanan jalan, terlihat satwa primata monyet bergerombol.

Selepas dari Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, jalan mulai menanjak dan tepat di sebelah kanan jalan, jurang dengan dasar sungai kering yang penuh bebatuan. Diperlukan kehati-hatian dalam melintasi jalan itu. Tepat di puncaknya, yang memiliki ketinggian sekira 1.000 Meter Di Atas Permukaan Laut (Mdpl), pengguna kendaraan bisa bersantai-santai atau beristirahat.

Bahkan melihat pemandangan terbuka dengan bukit-bukit di bawahnya menyerupai amphitheatre. Namun siapa sangka, jalanan yang dilalui oleh pengguna kendaraan baik roda dua maupun roda empat itu, ternyata merupakan hasil karya anak bangsa di masa lalu, yang menjadi pekerja paksa atau romusha pada zaman penjajahan Jepang di Pulau Lombok.

Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar, yang menyampaikan kabar dari para leluhur, bahwa jalan raya Hutan Pusuk itu merupakan hasil keringat para pekerja paksa. “Dari cerita para orang tua dahulu, Hutan Pusuk itu dibangun oleh para pekerja paksa,” katanya.

Kabupaten Lombok Utara memiliki banyak bangunan bersejarah seperti, Gua Jepang di Pulau Gili Trawangan. Di Gili Trawangan terdapat gua yang bisa dikembangkan menjadi objek wisata untuk para wisatawan. Gua Jepang di Gili Trawangan, akan ditata kembali dan dilihat lebih mendalam kondisinya. “Itu bangunan yang teramat penting sebagai peninggalan sejarah,” katanya.

Lihat juga...