Indonesia dan Monako Kerja Sama Konservasi Terumbu Karang

Ilustrasi - Terumbu karang Foto: Ist/Dok CDN

JAKARTA – Republik Indonesia dan Monako, menandatangani letter of intent (LoI), kerja sama penelitian dan konservasi pelestarian terumbu karang dunia.

“Tujuannya untuk melestarikan laut, dan mewujudkan pengelolaan sumber daya hayati laut yang berkelanjutan,” kata Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP, Brahmantya Satyamurti Poerwadi, Minggu (9/12/2018).

Penandatanganan LoI RI-Monako, dilakukan antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan Pusat Riset Monaco di Monako, Kamis (6/12/2018). Penandatanganan dilakukan oleh Brahmantya Satyamurti Poerwadi dan Presiden Pusat Riset Monako, Patrick Rampal, disaksikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Menteri dalam Negeri Monako, Patrice Cellario, dan Wakil Menteri Luar Negeri Monako, Isabelle Rosabrunneto.

Penandatangan LoI itu, menjadi tindak lanjuti pertemuan bilateral Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Prince Albert II Monako, pada penyelenggaraan OOC beberapa waktu lalu. “Kita telah mengunjungi Pusat Riset Monako untuk membicarakan dan mempelajari lebih lanjut mengenai upaya-upaya pelestarian terumbu karang,” tutur Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP tersebut.