Inovasi Pelayanan Publik Diharap Perhatikan Kearifan Lokal

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo Foto: Dok. CDN

SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta agar inovasi pelayanan publik yang terus berkembang tetap memperhatikan kearifan lokal di lingkungan sekitar.

“Kearifan lokal harus benar-benar diperhatikan dalam pembuatan inovasi pelayanan publik, sebab saat orang berlomba-lomba membicarakan teknologi, pertanyaannya adalah sampai kepada masyarakat atau tidak?” kata Ganjar di Semarang, Rabu (12/12/2018).

Menurut Ganjar, sebagus apapun inovasi pelayanan publik yang dibuat, tapi jika tidak sampai kepada masyarakat maka akan sia-sia dan tidak berguna.

Politikus PDI Perjuangan itu tidak memungkiri bahwa tidak semua masyarakat saat ini melek teknologi sehingga inovasi pelayanan publik harus terjangkau dan diperlukan penyampai pesan kepada masyarakat.

“Siapapun harus dilibatkan, bisa kelompok pengajian, PKK, karang taruna, sekolah, Babinsa, Hansip, dan semuanya yang bisa menyosialisasikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, inovasi pelayanan publik lanjut harus betul-betul berbasis pada kebutuhan masyarakat dan kearifan baik lokal maupun sosial harus diperhitungkan agar inovasi yang dibuat tersebut benar-benar berfungsi baik.

Lihat juga...