INSA Karimun Siapkan Kapal Cadangan untuk Natal-Tahun Baru

Ilustrasi kapal - Foto: Dok. CDN

KARIMUN – Asosiasi Pengusaha Pelayaran Nasional (INSA) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, menyiapkan tiga kapal cadangan, untuk melayani penumpang mudik Natal dan liburan Tahun Baru 2019.

“Setiap musim liburan, kita menyediakan kapal cadangan. Untuk libur Natal dan Tahun Baru 2019, kita menyiapkan tiga kapal yang siap berangkat sesuai kebutuhan,” kata Ketua DPC INSA Karimun, Bustami Datuk Raja Marah.

Bustami menyebut, tiga kapal cadangan tersebut disiapkan untuk mengangkut lonjakan penumpang, dari semua jurusan, baik dalam maupun luar negeri. Namun demikian, berdasarkan pengalaman sebelumnya, kapal cadangan lebih sering digunakan untuk mengangkut lonjakan penumpang tujuan Provinsi Riau, seperti Dumai dan Buton. “Pokoknya kita sudah siap, intinya kapal cadangan ini disiapkan untuk mencegah kapal berangkat melewati kapasitas dan tidak ada penumpukan penumpang di pelabuhan,” ujarnya.

Bustami memperkirakan, puncak lonjakan penumpang terjadi pada Kamis (20/12/2018) hingga malam Tahun Baru. “Untuk jurusan Johor, Kukup, Malaysia kita perkirakan terjadi lonjakan. Soalnya, warga yang bekerja di Malaysia banyak yang pulang kampung merayakan Natal,” ujarnya.

Lihat juga...