Jakarta Bangun 21 Sekolah di Lombok Utara

Editor: Mahadeva WS

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta, membantu penanggulangan bencana pascagempa bumi di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Bantuan yang diberikan adalah, bangunan sekolah pengganti bangunan yang rusak karena gempa bumi beberapa waktu lalu. 

“Saya atas nama Pemprov DKI Jakarta dan seluruh warga Jakarta, akan terus mendoakan seluruh warga Lombok Utara, agar tetap semangat, dan semoga bisa kembali segera berkegiatan seperti biasa,” ucap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Rabu (19/12/2018) malam.

Ada 21 sekolah yang gedungnya dibangun Pemprov DKI Jakarta. Menurut orang nomor satu di Ibu Kota tersebut, bantuan yang diberikan dananya bersumber dari  APBD Perubahan 2018. Untuk Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, diberikan alokasi bantuan  sebesar Rp19,2 milyar.  Anggaran tersebut diperuntukkan bagi pembangunan infrastuktur SD dan SMP yang rusak.

Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar, mengapresiasi bantuan dari Pemprov DKI Jakarta. “Terima kasih Pak Gubernur (Pemprov DKI) dan seluruh warga Jakarta. Alhamdulillah pada saat kami menghadapi bencana ini, diberikan bantuan yang cukup signifikan. Salam dari seluruh warga Lombok Utara. Mudah-mudahan Allah memberikan balasan yang terbaik,” tandasnya.

Kepala Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari, memaparkan, dasar pemberian bantuan keuangan mengikuti intruksi Menteri Dalam Negeri, yang ditujukan kepada seluruh Gubernur di Indonesia. Para Gubernur, diminta membantu korban gempa bumi yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bantuan diberikan, melalui mekanisme Bantuan Keuangan (Bankeu). Atas dasar instruksi tersebut, Pemkab Lombok Utara mengajukan Bankeu kepada Pemprov DKI Jakarta, yang sudah dicairkan melaui KASDA Kabupaten Lombok Utara.

Dana yang digunakan untuk melakukan pembangunan bersumber dari hasil penggalangan dana, atau sumbangan ASN Pemprov DKI Jakarta. “Jumlah yang telah terhimpun sebesar Rp4,4 milyar rupiah,” ujarnya.

Lihat juga...