Jalan Tol Penghubung Banda Aceh-Sigli Ditargetkan Rampung 2021

BANDA ACEH — Jalan tol pertama di Provinsi Aceh menghubungkan Banda Aceh-Sigli yang secara resmi memulai pengerjaan (groundbreaking) pada Jumat dibuka oleh Presiden Joko Widodo, ditargetkan akan rampung tahun 2021 mendatang.

“Untuk jalan tol Banda Aceh-Sigli, ditargetkan akan rampung pada tahun 2021 pada bulan Maret,” kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPP, Sugiyartanto, saat ditemui di lokasi groundbreaking di kawasan Blang Bintang, Aceh Besar, Jumat (14/12/2018).

Sugiyartono menuturkan pengerjaan jalan tol pertama di Aceh sepanjang 74 kilometer (km) dengan enam segmen pengerjaan tersebut, dibagi menjadi dua tahap yakni tahap pertama (Januari 2019-April 2020) dan tahap kedua (September 2019-Maret 2021).

Untuk tahap pertama, akan dibangun segmen 4 (Indrapuri-Blang Bintang), segmen 5 (Blang Bintang-Kuto Baro) dan segmen 6 (Kuto Baro-Baitussalam) sepanjang 26 kilo meter.

Adapun tahap kedua, akan dikerjakan segmen 1 (Padang Tiji-Seulimeun), segmen 2 (Seulimeun-Jantho) dan Jantho-Indrapuri) sejauh 48 kilometer. “Total dana yang diinvestasikan adalah Rp12,35 triliun,” ucap Sugiyartono.

Akan tetapi nilai tersebut, lanjut Sugiyartono, hanya untuk pembangunan untuk kebutuhan konstruksi, namun di luar biaya untuk pembebasan lahan.

Lihat juga...