Jalur Jalasena, Ruang Interaksi dan Edukasi Warga Jakarta

Editor: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melaksanakan peletakan batu bersama atau groundbreaking jalur ‘Jalan Sehat dan Sepeda Santai’ (Jalasena) serta Penanaman Pohon Bersama untuk area kawasan Pantai Kita dan kawasan Pantai Maju di Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (23/12/2018).

Anies menekankan bahwa kawasan pantai tersebut adalah kawasan terbuka yang dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat, tanpa memandang strata sosial, ekonomi, dan sebagainya.

“Karena itulah peletakan batu pertama ini dimulai, sembari kita menyusun rencana tata ruang di tempat ini. Pesan utamanya, pantai ini tak lagi tertutup, tidak lagi eksklusif.  Pantai ini menjadi pantai milik semua warga Jakarta,” ujar Anies di lokasi.

Selain itu, Anies juga menekankan pembangunan kawasan pantai tersebut  sejalan dengan visi nasional Pemerintah Pusat untuk memulai pembangunan dari pinggir dan menghadap ke laut.

“Itu visi nasional kita. Karena itu, di Jakarta sekarang kita mulai babak baru. Di pantai ini, di Pantai Kita sekarang, di Pantai Maju, Insyaallah di tempat ini akan menjadi magnet kunjungan bagi warga dalam kegiatan keseharian,” ujarnya.

Lanjut Anies, Jalasena dibangun PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

“Saya merasa perlu tumbuhkan di Jakarta pengalaman kegiatan di tepi pantai. Kita ingin Jakpro juga fokus untuk keluarga. Jadi tidak hanya sepeda dan jalan santai, tapi juga bagi keluarga bapak dan ibu bawa anak serta bermain,” ungkapnya.

Menurut dia, nantinya pengunjung pantai tersebut tidak dikenakan biaya atau gratis.  “Biasanya masuk pantai di Jakarta bayar, di sini kita akan merasakan masuk pantai gratis,” kata dia.

Anies juga menginginkan pembangunan dapat berlangsung dengan cepat. Sehingga, pada 17 Agustus 2019, kawasan ini bisa menjadi tempat berlangsungnya Peringatan Hari Raya Kemerdekaan RI.

“Saya minta pembangunan Jakpro cepat, termasuk lapangan dan nanti bisa menjadi pusat perayaan 17 Agustus, tahun depan. Artinya April atau Mei sudah harus selesai,” tandasnya.

Lihat juga...