Jelajahi, Sensasi Dunia Antariksa di TMII

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Menjelajahi dunia antariksa, dengan sensasi yang atraktif dan edukatif, disajikan Digital Planetarium, SkyWorld Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Sensasinya akan sangat berkesan bagi pengunjung.

Seperti yang dialami Icha (24), yang berkunjung mengajak keponakannya, Kirana (4). Usai berkunjung ke wahana tersebut, Icha mengaku dapat merasakan kehidupan ruang angkasa yang menakjubkan. “Seru ya, bisa melihat planet-planet tata surya, serasa kita berada di antariksa. Ini wahana eduwisata bagi Kirana, ponakan saya,” ujarnya kepada Cendana News, Jumat (21/12/2018).

Usai menjelajahi dunia antariksa, mereka menikmati sensasi petualangan sinema lima dimensi yang menebarkan. Mereka berpetualangan ke hutan belantara, yang menampilan dinosaurus dalam jumlah banyak. “Dinosaurusnya mau nerkam, saya takut. Kalau tadi di planetarium banyak bintang, ada bulan dan matahari,” ujar Kirana kepada Cendana News.

Marketing SkyWorld TMII, Fanni Ayu. Foto : Sri Sugiarti

Marketing SkyWorld, Fenni Ayu, menjelaskan, wahana tersebvut dibangun, tidak hanya untuk rekreasi, namun juga sebagai wahana edukasi, tentang ilmu antariksa.  “SkyWorld ini wahana eduwisata antariksa, aeronautika dan teknologi, dengan mengedepankan kearifan lokal. Ini merupakan salah satu visi dan misi TMII, melestarikan sejarah,” kata Fenni.

Berlibur ke luar angkasa, mungkin masih menjadi sebuah mimpi yang sulit diwujudkan. Hal itu berhubungan dengan biaya dan waktu yang harus dibayar mahal. Tetapi, dengan berkunjung ke SkyWorld, yang dibangun di lahan seluas 20.000 meter persegi. Pengunjung dapat mempelajari seluk-beluk luar angkasa dengan nyaman.

Sebelumnya, wahana tersebut bernama Taman Among Putro TMII, yang diresmikan Presiden ke-2 Indonesia, Jenderal Besar HM Soeharto, pada 20 April 1986. Dalam perkembangannya, bangunan tersebut direnovasi, dan berganti nama menjadi Among Putro SkyWorld Indonesia TMII. Wahana baru, diresmikan oleh Ketua Umum Yayasan Harapan Kita (YHK), Siti Hardiyanti Rukmana atau Tutut Soeharto.

Sky World langsung dikenali, dengan desain pintu masuk seperti di dalam stasiun ruang angkasa. Fitur astronot tanpa kepala, dengan latar belakang bulan, menyambut pengunjung. “Pengunjung bisa berfoto di fitur astronot itu, serasa berada di ruang angkasa, pas masuk ruangan ini,” kata Fenni.

Pengunjung bisa menemukan planet baru, lengkap dengan benda langit. Space Exhibition, yang disajikan menyerupai lorong yang dilengkapi fitur dan miniatur, tentang kehidupan ruang angkasa. Space Exhibition adalah ruang pamer, yang memberikan informasi dan wawasan seputar dunia antariksa, astronomi, dan teknologi. Bagaimana urutan planet di tata surya, proses terjadinya gerhana, dan ada diorama planet Mars.

Lihat juga...