Jelajahi, Sensasi Dunia Antariksa di TMII

Editor: Mahadeva

Sebelumnya, wahana tersebut bernama Taman Among Putro TMII, yang diresmikan Presiden ke-2 Indonesia, Jenderal Besar HM Soeharto, pada 20 April 1986. Dalam perkembangannya, bangunan tersebut direnovasi, dan berganti nama menjadi Among Putro SkyWorld Indonesia TMII. Wahana baru, diresmikan oleh Ketua Umum Yayasan Harapan Kita (YHK), Siti Hardiyanti Rukmana atau Tutut Soeharto.

Sky World langsung dikenali, dengan desain pintu masuk seperti di dalam stasiun ruang angkasa. Fitur astronot tanpa kepala, dengan latar belakang bulan, menyambut pengunjung. “Pengunjung bisa berfoto di fitur astronot itu, serasa berada di ruang angkasa, pas masuk ruangan ini,” kata Fenni.

Pengunjung bisa menemukan planet baru, lengkap dengan benda langit. Space Exhibition, yang disajikan menyerupai lorong yang dilengkapi fitur dan miniatur, tentang kehidupan ruang angkasa. Space Exhibition adalah ruang pamer, yang memberikan informasi dan wawasan seputar dunia antariksa, astronomi, dan teknologi. Bagaimana urutan planet di tata surya, proses terjadinya gerhana, dan ada diorama planet Mars.

Pengunjung sedang melihat benda antariksa di ruang space Exhibition SkyWorld TMII, Jakarta, Jumat (21/12/2018). Foto : Sri Sugiarti.

 

Ditampilkan juga replika roket, teropong bintang, satelit, kendaraan yang digunakan di bulan, dan lainnya. “Ada ruang simulasi pusat kendali, seakan-akan kita mengendalikan guncangan roket,” jelasnya.

Di ruangan tersebut, foto para tokoh astronomi dunia dipajang berderet. Bisa dilihat juga, mitos atau legenda masyarakat, yang berkaitan dengan benda angkasa. Setelah berkeliling di Space Exhibition, pengunjung bisa melihat pertunjukkan dunia antariksa di Digital Planetarium, yang berbentuk kubah masjid.

Lihat juga...