Jelang Natal, Stok Pangan di Singkawang, Aman

PONTIANAK  – Stok pangan di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, dipastikan aman menjelang Natal 2018, meskipun harganya diperkirakan tidak stabil dalam arti ada komoditas yang harganya naik.

“Misalnya bawang merah, harganya mulai naik. Setiap minggu harganya naik terus,” kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Singkawang, Triwahdina Safriantini, di Singkawang, Kamis.

Bahkan kenaikan bawang merah juga sudah terjadi sejak November hingga awal (minggu pertama) Desember karena bawang merah didatangkan dari luar Singkawang. Di sisi lain permintaan juga cukup tinggi sehingga terjadi mekanisme pasar. Di samping bawang merah, harga telur ayam juga diprediksikan akan naik menjelang Natal.

“Prediksi kami harga telur bisa mencapai Rp23 ribu per kilogram,” ujarnya.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menekan lonjakan harga terutama pada bawang merah antara lain Disperindag Singkawang berkoordinasi dengan Disperindag Provinsi Kalbar.

“Jika masalahnya sama, kami akan cari pemecahannya secara nasional di pusat. Apa yang menyebabkan harga bawang merah ini selalu naik,” ungkapnya. Biasanya untuk menekan lonjakan harga, pemerintah pusat membombardir komoditas yang mengalami kenaikan.

Lihat juga...