Jelang Nataru, Harga Bawang Merah di Balikpapan, Naik

Editor: Satmoko Budi Santoso

BALIKPAPAN – Jelang perayaan hari besar Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019, harga bumbu-bumbuan yaitu bawang merah dan bawang putih, mengalami kenaikan selama satu pekan ini. Ada pun pasokan bawang merah dan bawang putih untuk Kota Balikpapan berasal dari Pulau Jawa dan Sulawesi.

Menurut salah seorang pedagang, Anto, harga bawang merah sudah mengalami kenaikan sejak satu pekan terakhir. Saat ini harga bawang merah per kilogram Rp28 ribu. Sebelumnya hanya mencapai Rp25 ribu per kilogram.

“Bulan lalu belum naik, sudah satu pekan ini naik. Kemungkinan bisa naik lagi,” katanya, di sela aktivitas di Pasar Pandansari, Selasa (18/12/2018).

Bawang merah – Foto Ferry Cahyanti

Disebutkannya, bawang merah yang dijual berasal dari Surabaya dan Sulawesi.

Hanya saja pembeli lebih memilih dari Surabaya kendati harga mengalami kenaikan.

“Bawang putih juga naik dari Rp15 ribu menjadi 17 ribu. Tapi naiknya masih wajar, tidak terlalu tinggi,” imbuhnya.

Sementara itu, Tim Gabungan Satgas Pangan Polda Kaltim, Bulog Kaltim, Disdag Kaltim dan Kota Balikpapan, Balai POM Kaltim, BPS, serta KPPU Balikpapan, sebelumnya telah menggelar sidak ke sejumlah ritel modern, pasar tradisional hingga distributor. Guna memastikan pasokan untuk Natal dan Tahun Baru 2019.

Kasubdit Indagsi, Direktorat Reserse Kriminal Khusus, Polda Kaltim, AKBP Seber R Kombong, mengungkapkan, setelah melakukan sidak, diketahui stok bahan kebutuhan pokok dalam keadaan aman dan terkendali hingga 2-3 bulan ke depan.

“Sidak dimulai dari Supermarket hingga ke pasar tradisional Klandasan dan distributor pangan. Kebutuhan pokok aman dapat terpenuhi hingga 3 bulan ke depan,” sebutnya.

Untuk itu, pihaknya minta masyarakat yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru tidak perlu khawatir karena stok bahan kebutuhan pokok di kabupaten dan kota di Kaltim sudah tercukupi.

Lihat juga...