Jelang Nataru Satgas Sukabumi Waspadai Permainan Harga Pangan

Ilustrasi pasar tradisional - Dok CDN

SUKABUMI — Menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019 Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mewaspadai permainan harga yang dilakukan oknum tengkulak.

“Inspeksi mendadak (sidak) yang kami lakukan bersama Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi, selain memantau perkembangan harga juga mengantisipasi adanya kecurangan seperti permainan harga,” kata Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi Asep Japar di sela sidak di Pasar Palabuhanratu, Jumat (21/12/2018).

Menurut dia, harga sembako hingga saat ini masih normal, namun memang ada beberapa komoditas yang harganya naik seperti daging ayam, telur dan wortel. Tapi kenaikan harga itu masih dalam batas kewajaran dan tidak melambung.

Informasinya, kenaikan beberapa komoditas tersebut seperti daging dan telur ayam dikarenakan naiknya harga pakan sehingga berimbas kepada kenaikan harga.

Namun pihaknya akan terus melakukan pemantauan, dikhawatirkan ada yang memanfaatkan momen Natal dan tahun baru untuk menahan pasokan dan menaikkan harga seenaknya.

Sementara itu, Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi mengatakan, pihaknya terus memantau harga sembako di seluruh pasar semimodern yang ada di wilayah hukumnya.

Pantauan ini dilakukan agar tidak ada tengkulak atau pemain harga di pasar yang menaikkan harga seenaknya.

“Jika kedapatan ada oknum yang melakukannya, kami akan segera tindak secara administrasi atau pidana. Namun biasanya menjelang hari raya permintaan masyarakat meningkat dan harga ikut naik tapi hingga saat ini masih dalam batas kewajaran,” katanya. [Ant]

Lihat juga...