Jelang Tahun Baru, 60 Ribu Pengunjung Padati TMII

Editor: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Taman Mini Indonesia Indah (TMII), masih menjadi tempat rekreasi terfavorit masyarakat di penghujung tahun 2018. Sebanyak 60 ribu pengunjung tumpah ruah memadati wahana pelestarian budaya bangsa ini.

Terlihat pengunjung memadati area sekeliling Plaza Tugu Api Pancasila. Sembari menunggu anaknya bermain di area Plaza, mereka duduk bersantai sambil menikmati bekal.

Kepadatan pengunjung juga terlihat di loket tiket kereta gantung. Pengunjung ingin keliling TMII dengan kereta gantung. Antrian pengunjung juga terlihat di wahana rekreasi ruang angkasa ‘SkyWorld’ dan Theater Imax Keong Emas juga SnowBay.

Pengunjung bersantai di sekeliling Plaza Tugu Api Pancasila TMII, Jakarta, Minggu (30/12/2018). Foto : Sri Sugiarti

Sebagian besar warga mengaku sengaja memilih TMII, karena tempat rekreasi ini nyaman, meskipun kepadatan tak bisa dihindari.

Sutardjo, pengunjung asal Bekasi mengaku, dirinya mengajak keluarganya berlibur ke TMII, agar anak bungsunya yang usia 7 tahun, tahu budaya daerah.

“Saya ajak anak ke anjungan Jawa Timur, asal daerah saya. Ya biar anak saya tahu budaya daerahnya kan di anjungan itu lengkap ditampilkan,” kata Sutardjo kepada Cendana News, Minggu (30/12/2018).

Sebenarnya, jelas dia, anaknya minta liburan ke Ancol ingin berenang di pantai. Tapi mengingat cuaca ekstrem, menjadi alasan dirinya menolak permintaan anaknya itu.

“Liburan ke Ancol, apalagi renang di pantai, takut ya. Cuacanya nggak mendukung, angin besar banget, laut pasang surut, takutnya tsunami. Ya mending ke TMII, aman,” tandasnya.

Yogas, warga Bogor juga mengajak istri dan kedua anaknya keliling TMII dengan naik kereta gantung. Ia mengaku tidak mempermasalahkan harga tiket Rp 50.000 per orang, dan juga antrean panjang, untuk bisa naik kereta gantung.

Antrean pengunjung untuk naik kereta gantung di stasiun B kereta gantung TMII, Jakarta, Minggu (30/12/2018). Foto : Sri Sugiarti

“Harga tiket Rp 50 ribu per orang, nggak masalah yang penting anak-anak senang bisa lihat Indonesia dari atas kereta. Pokoknya seru, kita tadi di atas selfie,” ujar Yogas.

Berlanjut, Yogas dan keluarga menuju SnowBay dan Istana Anak. “Anak minta renang, seru ya desain kolam renangnya. Kalau keburu, mau ke istana anak sih,” katanya.

Kepala Bidang Humas TMII, Jerrymias PT. Lahama mengatakan, peningkatan pengunjung terjadi pada Minggu (30/12/2018) tercatat 60.773 orang sampai pukul 12.00 WIB, mendatangi TMII untuk berlibur.

Kepala Bidang Humas TMII, Jerrymias PT. Lahama – Foto: Sri Sugiarti

“Minggu, 30 Desember 2018 ini hingga pukul 12.00 WIB, tercatat jumlah pengunjung 60.773. Total pengunjung pada pekan libur Natal dan tahun baru sampai siang ini mencapai 513.897. Jumlah ini sudah melebihi target 450 ribu pengunjung,” jelas Jerry kepada Cendana News.

Dijelaskan dia, malam pergantian tahun baru 2019, akan dimeriahkan dengan pesta kembang api sebanyak 6.422 tembakan berpusat di Danau Miniatur Indonesia atau Danau Arsipel TMII.

Tersaji juga pertunjukan kesenian tradisi seperti wayang kulit di panggung Candi Bentar. Juga konser dangdut Monata akan memanjakan pengunjung dalam menyongsong pergantian tahun baru.

Jerry berharap cuaca mendukung perayaan malam tahun baru 2019 di TMII sehingga pengunjung bisa menikmati dengan aman dan tertib.

“Cuaca mendukung dan pengunjung juga membludak ya,” pungkasnya.

Lihat juga...