Jelang Tahun Baru, Harga Ayam Potong di Pangkalpinang, Naik

PANGKALPINANG  – Harga  ayam broiler di sejumlah pasar tradisional dan modern di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung naik menjadi Rp40.000 dari Rp30.000 per kilogram, karena permintaan meningkat menjelang perayaan malam Tahun Baru 2019.    

“Saat ini masyarakat sudah mulai mempersiapkan ayam broiler dan kampung untuk dimasak menyambut tahun baru,” kata salah seorang pedagang ayam, Somad, di Pasar Rumput Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan, saat ini permintaan masyarakat didominasi ayam hidup, sementara dagingnya kurang. Rata-rata konsumen membeli ayam tiga hingga empat ekor sebagai persiapan menyambut malam tahun baru nanti.

“Saat ini harga ayam kampung juga naik menjadi Rp60.000 dari Rp45.000 per kilogram,” katanya.

Menurut dia, diperkirakan permintaan dan harga ayam ini akan terus meningkat hingga malam tahun baru nanti.

“Saat ini persediaan ayam broiler masih mencukupi, sementara ayam kampung kurang,” katanya.     Sebaliknya, harga dan permintaan daging sapi kurang menjelang malam tahun baru.

Dedi, pedagang daging sapi mengatakan, saat ini harga daging sapi turun menjadi Rp120.000 jika dibandingkan harga menjelang Natal Rp125.000 per kilogram.

“Saat ini permintaan daging sapi kurang dan diperkirakan akan tetap normal hingga perayaan malam tahun baru nanti,” katanya. (Ant)

Lihat juga...