Jelang Tahun Baru, Jalur Puncak-Cianjur Padat Merayap

CIANJUR — Menjelang sore arus lalulintas di Puncak-Cianjur, Jawa Barat, mulai padat merayap, bahkan petugas terpaksa memberlakukan sistim satu arah guna mencairkan antrean yang terlihat memanjang.

Bahkan sejumlah penguna jalan dengan tujuan Bogor, terjebak hingga berjam-jam karena petugas melakukan hal yang sama sejak pagi hingga siang menjelang. Sehingga petugas di sejumlah pos pam mengarahkan penguna jalan ke jalur alternatif.

“Menjelang siang sudah terjadi antrian karena volume kendaraan dari kedua arah mulai meningkat. Sehinggga dilakukan sistim satu arah sejak pagi dengan tujuan Puncak dan menjelang sore dari arah sebaliknya,” kata Kompol Iwan Mustawan, Kapos Pam Pacet pada wartawan Minggu (30/12/2018).

Ia menjelaskan, menjelang sore antrean mulai mencair meskipun volume kendaraan masih terus meningkat karena pihaknya melakukan sejumlah rekayasa arus salah satunya mengarahkan pengendara ke jalur alternatif Hanajawar-Pacet.

Meningkatnya angka kunjungan di kawasan Puncak-Cipanas, terlihat dari kendaraan yang keluar masuk rumah makan dan hotel yang banyak terdapat di sepanjang jalur tersebut.

Petugas memperkirakan volume kendaraan dan angka kunjungan akan meningkat tajam satu hari menjelang malam pergantian tahun, sehingga petugas akan menutup jalur menuju Puncak dari Cianjur pada malam pergantian tahun mulai dari perempatan Tugu Lampu Gentur-By Pass.

“Kami mengimbau warga dan wisatawan untuk mengunakan jalur Puncak-Cianjur sebelum diberlakukan penutupan arus mulai pukul 18.00 WIB esok hari. Jalur akan dibuka kembali normal menjelang pagi,” katanya. (Ant)

Lihat juga...