hut

Jelang Tahun Baru, Pantai Kuta Mulai Ramai

Editor: Satmoko Budi Santoso

BADUNG – Jelang tahun baru, kondisi lalu lintas menuju ke objek wisata pantai kuta Bali mulai ramai. Hal ini terlihat dari mulai padatnya arus lalin ke arah pantai yang terkenal di seluruh dunia ini.

Dirlantas Polda Bali, Kombes Pol. Anak Agung Made Sudana, mengatakan, kepadatan arus kendaraan tersebut terjadi sejak lusa  tepatnya dua hari setelah libur Natal. Kata Kombes Agung, kendaraan lebih didominasi oleh roda empat.

“Sudah terlihat kepadatan kendaraan menuju ke arah pantai, namun masih terbilang landai. Biasanya mulai ramai di atas pukul 12 siang,” ucap Kombes Agung, ketika  ditemui di Posko Pengamanan Tahun baru di simpang Dewi Sri, Kuta, Minggu (30/12/2018).

Dirlantas Polda Bali Kombes Pol Anak Agung Made Sudana.-Foto: Sultan Anshori.

Mantan Kapolresta Denpasar ini menambahkan, dari pantauan tim yang ada di lapangan dilaporkan sudah terlihat pergerakan kendaraan dari luar kota. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya sudah menyiapkan ratusan personel lalu lintas di beberapa tempat.

Selain di jalan yang menuju ke pantai Kuta, pihaknya juga menyiagakan personel di objek wisata lain seperti Nusa Dua, Pandawa dan beberapa tempat yang dianggap rawan kepadatan. Dalam pengamanan di lapangan, pihaknya membagi dua shift yaitu shift pagi dan shift malam.

“Ini kan masih landai, jadi kami terjunkan separuh dari kekuatan kami dulu. Nanti jika terjadi kepadatan baru kita maksimalkan personel di lapangan,” kata Kombes Agung lagi.

Besok pada pukul 12 hingga 16.00 Wita, akan dilakukan pembersihan kendaraan roda dua dan roda empat di sekitar  dan menuju ke objek wisata Pantai Kuta.

Terakhir, Kombes Agung menyampaikan imbauan kepada para pengguna kendaraan, terutama bagi mereka yang ingin menuju ke objek wisata, untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas yang ada.

Selain itu, pengendara diharapkan melengkapi surat-surat serta mengenakan helm bagi pengendara roda dua. Karena, kata Kombes Agung, pihaknya tidak segan-segan  memberikan tindakan tegas berupa penilangan bagi pengendara yang melanggar.

Termasuk dilarang memarkirkan kendaraan di bahu jalan. Karena pihaknya sudah menyediakan kantong lahan parkir di tiga tempat. Yaitu di Melasti, Central Parkir dan di areal parkir selatan patung kuda.

“Karena potensi kecelakaan fatal itu dimulai dari tindakan pelanggaran lalu lintas. Oleh sebab itu, patuhilah. Menikmati akhir tahun baru ini dengan suka cita bersama keluarga. Jika sedang mengantuk istirahat sejenak,” pungkas polisi yang murah senyum ini.

Lihat juga...