Jelang Tahun Baru, Penumpang Kapal di Pekanbaru, Meningkat

PEKANBARU  – Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru menyatakan, jumlah penumpang yang menggunakan jalur laut di Pelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru, Riau, meningkat 100-200 persen menyambut libur Tahun Baru 2019.

“Peningkatan penumpang jalur laut sudah mulai tampak sejak Kamis (27/12) kemarin, ” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Pelabuhan Sungai Duku, Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Hoirul Efendi, SE,  di Pekanbaru, Minggu.

Hoirul Efendi menjelaskan, kalau saat normal jumlah penumpang yang menggunakan angkutan kapal lewat Sei Duku baik kedatangan maupun keberangkatan rata-rata mencapai 200 orang per hari. Kini jumlahnya naik tajam mencapai 538 sehari untuk kedatangan dan 474 keberangkatan.

“Sekarang sudah penuh semua kapalnya, biasanya terisi kalau hari-hari biasa antara 50- 80 persen seat, kini 100 persen,” ujarnya.

Menurut Hoirul Efendi, peningkatan terjadi bagi penumpang yang datang maupun yang akan berangkat di Pelabuhan Sei Duku, Pekanbaru menyambut libur Tahun Baru.

Sebenarnya sejak libur Natal 25 Desember 2018 jumlah penumpang alami kenaikan.

“Kenaikan itu terjadi pas Natal 25 Desember mencapai 609 orang dan keberangkatan mencapai 503 orang,” tuturnya.

Kemudian sambung dia sempat turun lagi.

“Sejak Kamis (27/12) kemarin jumlah penumpang yang berangkat melalui Pelabuhan Sei Duku tercatat naik lagi mencapai 538 sehari untuk kedatangan dan 474 keberangkatan,” ujarnya.

Ia menambahkan pihaknya memperkirakan puncak arus libur Tahun Baru 2019 akan terjadi Minggu ini, karena Senin (31/12) sebagian besar kantor sudah libur, walau angka pastinya baru akan didapat malam nanti.

“Data puncak arus mudik Tahun Baru baru kita dapat Senin besok, karena harus didata dulu seharian ini,” imbuh dia yang mengaku baru beberapa bulan menjabat di Pelabuhan Sei Duku.

Namun intinya pihaknya sudah siap siaga dengan dibukanya posko mudik di Pelabuhan Sei Duku Pekanbaru, dan armada angkutan yang akan digunakan.

Sementara itu, Kepala Dishub Pekanbaru, Kendi Harahap, menyatakan, untuk arus mudik jalur laut di Pelabuhan Sei Duku, pihaknya tidak ada penambahan armada kapal.

Menurut Kendi, tujuh kapal yang beroperasi melalui Pelabuhan Sei Duku saat hari biasa sejauh ini jumlahnya sama. Hanya jumlah penumpang yang naik.

“Setahu saya kapal yang beroperasi masih sama tujuh ke Perawang, Siak, Selat Panjang dan Bengkalis,” imbuhnya.

Salah satu PO penjualan tiket angkutan Laut untuk Kapal SB Meranti Jaya Express 9, Asan, membenarkan bahwa mereka tidak menaikkan harga jual tiket. Mereka juga tidak menambah armada untuk keberangkatan Pekanbaru – Perawang, dan sebaliknya.

“Tak ada penambahan kapal hanya bangku kini isiannya agak naik dari biasa, ” tambahnya menutup. (Ant)

Lihat juga...