Jelang Tahun Baru, Polisi Gagalkan Peredaran Ganja di Bekasi

Editor: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Unit Satresnarkoba Polres Metro Bekasi Kota, berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis ganja seberat 2,3 kilogram. Pengungkapan dilakukan di Jl. Bintara 17, Kelurahan Bintara, Bekasi Barat, Jumat (28/12/2018).

Keberhasilan atas informasi masyarakat bahwa di kawasan Bintara, Bekasi Barat, Kota Bekasi Jawa Barat (Jabar), akan dilakukan transaksi narkoba jenis ganja. Adapun tersangka diketahui, AS (25), MJ (20), MI (20), AP (24) dan JT masih daftar pencarian orang (DPO).

Dari pengakuan keempat tersangka barang yang diamankan adalah sisa dari 124 kilogram ganja yang telah diedarkan di berbagai wilayah sekitar Jawa Barat.

“Pengungkapan karena info masyarakat, tim Satnarkoba melakukan inspeksi kemudian menuju tempat kejadian perkara (TKP). Di lokasi tim mengamankan empat orang tersangka sekaligus di dalam satu kontrakan,” ungkap Wakapolres Metro Bekasi Kota, AKBP Eka Mulyana, Sabtu (29/12/2018), sore.

Wakpolres Metro Bekasi Kota, AKBP Eka Mulyana – Foto Muhammad Amin

Keempat pelaku yang telah ditetapkan sebagai tersangka adalah AS (25), MJ (20), MI (20), AP (24). Mereka merupakan kurir JT yang sudah ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO). Dari tangan keempatnya, lanjut Eka, tim narkoba mengamankan ganja siap edar seberat 2,3 kilogram, sisa dari barang yang telah diedarkan 124 kilogram.

“Kami tegaskan bahwa barang bukti seberat, 2,3 kilogram yang diamankan saat ini adalah sisa dari 124 kilogram ganja yang diambil pada awal Desember lalu di wilayah rest area Merak Provinsi Banten,” tegas Eka Mulyana.

Menurutnya, sesuai pengakuan tersangka, ganja seberat 124 kilogram yang diambil dari JT tersebut, sudah beredar di berbagai daerah di Jawa Barat, seperti Karawang, Bandung, Subang, Cikarang dan seputaran Bekasi Raya.

Penyebaran barang haram tersebut, imbuh Eka, menggunakan sistem paket satu garis atau pengemasan dibuat kecil-kecil.

Atas perbuatan tersebut pelaku diancam dengan tindak pidana pasal 114 ayat 2, Pasal 111 ayat 2 Pasal 132 dengan ancaman 6 tahun hingga 20 tahun kurungan penjara.

Lihat juga...