Jogja Miliki Perpustakaan Baru di Wilayah Selatan Kota

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

YOGYAKARTA — Sejumlah masyarakat yang tinggal di wilayah sisi selatan ibu kota provinsi ini menyambut positif dibukanya Perpustakaan Alternatif Selatan (Pevita) yang terletak di Jalan Meyjen Sutoyo No 32 Yogyakarta.

Perpustakaan Alternatif Selatan
Salah seorang pemustaka Pevita, Mayrina Santi. Foto: Jatmika H Kusmargana

Perpustakaan milik Dipersit Kota ini dibuka sejak 15 November 2018 lalu, untuk mengakomodasi pemustaka yang selalu membludak di Perpustakaan Kota Yogyakarta, Kotabaru.

Meski baru sekitar satu bulan lebih dibuka, namun Pevita sudah dikunjungi ratusan pengunjung setiap harinya. Mayoritas anak-anak sekolah maupun mahasiswa. Meski begitu, tak sedikit pula, masyarakat umum yang berkunjung ke perpustakaan ini.

Salah seorang pemustaka, Mayrina Santi mengatakan, dibukanya Pevita ini bertujuan untuk mendekatkan masyarakat wilayah selatan dengan perpustakaan. Pasalnya selama ini mayoritas berada di wilayah Jogja bagian utara.

“Agar mereka tidak terlalu jauh untuk bisa mengakses perpustakaan. Apalagi di Kotabaru sudah sangat penuh,” katanya.

Menempati lahan seluas lebih dari 500 meter, Pevita memiliki sejumlah layanan sebagaimana sebuah perpustakaan modern. Selain terdapat layanan internet/wifi gratis, juga memiliki ruang baca, diskusi, hingga ruang baca khusus anak.

Lihat juga...