JTTS Bakauheni-Terbanggibesar Beroperasi 24 Jam

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) paket satu Bakauheni-Sidomulyo, Ruas Bakauheni-Terbanggibesar, dipastikan akan dioperasikan selama 24 jam, saat angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru).

Yus Yusuf, General Affairs PT. Pembangunan Perumahan (PP) selaku pelaksana proyek pembangunan JTTS paket satu, memastikan akses JTTS paket satu sudah dioperasikan sejak diresmikan pada 21 Januari 2018, oleh Presiden Joko Widodo.

“Paket satu yang sudah dioperasikan itu sepanjang 8,9 Kilometer, dari pelabuhan Bakauheni menuju Interchange Bakauheni Utara,” katanya, Jumat (21/12/2018).

Yus Yusuf, General Affairs PT. Pembangunan Perumahan, Pelaksana Proyek Pembangunan JTTS paket satu Bakauheni-Sidomulyo -Foto: Henk Widi

Pada angkutan Nataru, sambung Yus Yusuf, JTTS sudah bisa terkoneksi dari pelabuhan Bakauheni ke Terbanggibesar. Sesuai dengan rencana pengoperasian saat arus Nataru, JTTS paket satu sepanjang 39,40 kilometer dari STA 00 Bakauheni ke STA 39 Sidomulyo, sudah bisa difungsikan selama 24 jam atau siang malam.

Paket satu tersebut bisa dilintasi pada jalur A dan jalur B. Sementara paket dua dari STA 40 Sidomulyo hingga STA 80 Kotabaru sepanjang 40,6 Kilometer, yang dikerjakan oleh PT. Waskita Karya, hanya bisa dilintasi selama 12 jam atau siang hari.

“Ruas jalan tol yang sudah bisa dipergunakan dari Bakauheni ke Sidomulyo, sudah dilengkapi dengan lampu jalan serta rambu jalan, sehingga bisa dilintasi saat malam hari. Sebagian ruas terutama paket dua hingga paket empat bisa dilalui hanya siang hari,” terang Yus Yusuf.

Yus Yusuf menambahkan, sejumlah paket yang hanya dioperasikan saat siang hari dan masih terus dikerjakan, terutama pada sarana pendukung JTTS, di antaranya paket  tiga dari Kotabaru ke Metro sepanjang 29 kilometer, dikerjakan oleh PT. Adhi Karya. Paket empat dari Metro ke Terbanggibesar sepanjang 31,93 Kilometer, dikerjakan oleh PT. Wijaya Karya.

Menurutnya, pengerjaan badan jalan utama (main road) sudah terkoneksi dari pelabuhan Bakauheni hingga Terbanggibesar. Meski demikian, pengerjaan kecil pada sejumlah titik terus dikerjakan oleh sejumlah pelaksana proyek.

Yus Yusuf menyebut, ruas JTTS dari Bakauheni hingga Terbanggibesar sudah terkoneksi dan digunakan untuk arus libur Nataru, terutama siang hari. Perjalanan JTTS dari Bakauheni menuju ke Sidomulyo yang bisa dilalui pada malam hari, pun disebutnya belum sepenuhnya memiliki fasilitas pendukung.

“Sebagai sarana pendukung,  PT. PP tengah melakukan pembangunan rest area di di STA 33 Desa Agom Kecamatan Kalianda,” katanya.

Selain itu, ia mengaku fasilitas rest area di STA 20 Desa Kuripan, Kecamatan Penengahan, sedang dalam tahap proses pemberian uang ganti rugi terhadap pemilik lahan, selanjutnya akan dilakukan proses pembersihan lahan (land clearing).

Ia menegaskan, khusus untuk paket satu yang menjadi tanggung jawab PT. PP, sudah mengalami perkembangan mencapai 95 persen. Pada paket satu gerbang tol (Interchange) yang sudah bisa digunakan, adalah gerbang tol Bakauheni Utara di Desa Hatta dan pintu tol Sukamarga, Kecamatan Sidomulyo.

“Sejumlah fasilitas overpass, lampu jalan, marka jalan terus diselesaikan, semua ruas tol bisa dilintasi pada siang dan malam hari,” tegas Yus Yusuf.

Yus Yusuf juga menyebut, sesuai rencana pengoperasian sejumlah paket JTTS yang bisa digunakan akan diresmikan pada Minggu (22/12).

Meski demikian, ia mengaku belum bisa memastikan peresmian akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo atau Menteri BUMN Rini Soemarno.

Keberadaan JTTS terkoneksi dengan dermaga VII atau dermaga eksekutif pelabuhan Bakauheni yang sudah dioperasikan.

Sementara itu, JTTS ruas Bakauheni Terbanggibesar sepanjang 140,9 Kilometer yang sudah dioperasikan dan dikelola oleh PT. Hutama Karya, berdasarkan pantauan Cendana News, masih digratiskan.

Sistem pembayaran pada jalan bebas hambatan tersebut mempergunakan sistem nontunai (cashless), bekerjasama dengan himpunan bank negara (Himbara), di antaranya memakai Brizzi dari BRI, Emoney dari Bank Mandiri, Tapcash dari BNI dan Prepaid BTN.

Lihat juga...