Kapolres dan Danrem Pantau Langsung Keamanan Natal di Jakarta Barat

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Hengki Haryadi, bersama Komandan Korem025/WKR, Kolonel Kav A Purboyo, meninjau langsung objek pengamanan pelaksanaan Misa Natal gereja-gereja yang ada di wilayah Jakarta Barat.

Hengki mengatakan, dalam persiapan malam Natal diharapkan jemaat tetap tenang dalam menjalankan ibadah. Petugas dari Polsek maupun Polres Jakarta Barat dan Kodim 0503/Jakarta Barat, akan membantu pengamanan selama proses Misa. “Petugas kami selalu koordinasi kepada pengamanan dalam, bila ada hal – hal yang menonjol agar segera dilaporkan kepada petugas Polri dan TNI yang melaksanakan pengamanan di Gereja,” ucap Hengki di Gereja Maria Bunda Karmel, di Kebon Jeruk Jakarta Barat, Senin (24/12/2018).

Menurut Dia, pengamanan tersebut sebenarnya sudah rutin dilakukan. Oleh karenanya, masyarakat diminta tidak terprovokasi oleh aksi dari pihak manapun. “Semoga saudara-saudara Nasrani kita bisa melangsungkan Natal dengan khusyuk,” tuturnya.

Pada pengamanan kali ini, di Jakarta Barat, sejumlah gereja yang disterilisasi oleh tim Penjinak Bom (Jibom) Satbrimob diantaranya, Gereja Bunda Karamel, Kebon Jeruk, Gereja GKY Green Ville Kebon Jeruk, Gereja Maria Kusuma Karmel Kembangan, Gereja Santa Maria Imakulata, Gereja Yesus Kristus Mangga Besar, Gereja Patrus Paulus, Mangga Besar.

Sterilisasi di gereja-gereja dilakukan dengan memeriksa secara rinci setiap gereja. Mulai dari bagian depan, ruang ibadat sampai taman. Semua yang masuk ke tempat ibadah tidak luput dari pemeriksaan. “Semua gereja harus disterilisasi agar jemaat bisa beribadat dengan baik,” pungkasnya.

Sebanyak 2.000 personel gabungan dari Polres Metro Jakarta Barat, Kodim 0503 JB, dan Pemerintah Kota Jakarta Barat, diterjunkan dalam Operasi Lilin Jaya 2018, untuk mengamankan libur Natal dan ‎Tahun Baru 2019.

Kabag Ops Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Priyo Utomo Teguh Santoso, menambahkan, ada 191 titik gereja di Jakarta Barat yang menjadi titik pengamanan saat Natal. “Kami siapkan security checking door yang telah kerja sama dengan para pengurus gereja‎ bersangkutan,” ucap Priyo.

Polres Jakart Barat, juga mendirikan Posko Taktis di sejumlah tempat strategis selama libur Natal dan Tahun Baru. ‎”Diantaranya di sejumlah lampu merah seperti di Slipi, Tomang dan Cengkareng. Kemudian juga di pusat perbelanjaan Central Park, dan Seasons serta di Terminal Kalideres dan Kawasan Kota Tua,” ungkapnya.

Lihat juga...