Kawasan Epicentrum Jakarta Terdampak Angin Kencang, Dibersihkan

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, memastikan jajarannya diturunkan ke lokasi dan fokus membersihkan puing-puing akibat pohon tumbang dan atap yang beterbanganan di kawasan Kuningan Epicentrum Jakarta.

Disebutkan Anies, pihaknya juga telah memerintahkan Wali Kota untuk memeriksa kondisi lokasi yang rusak akibat angin kencang.

“Tim kita respon dari Wali Kota dan seluruh jajarannya merespon ke sana,” ucap Anies di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Pusat, Senin (10/12/2018).

Terkait bantuan untuk kerusakan yang terjadi, Anies akan menunggu laporan dari jajarannya terlebih dahulu.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengungkapkan langkah yang dilakukan pihaknya untuk sementara ini mengangkat reruntuhan bangunan yang rusak. Lebih lanjut, Anies belum bisa mengungkapkan mengenai tindak lanjut dari bangunan yang rusak. Namun dia bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Nomor satu adalah membersihkan bongkahan akibat kejadian tadi, dan sejauh ini tidak ada korban yang khusus, jadi dibersihkan aja dulu. Dan kita lihat lagi pembangunan seperti apa,” lanjut dia.

Dia juga menegaskan, bahwa Pemprov DKI saat ini sedang siaga menghadapi bencana. Sehingga apabila terjadi peristiwa sudah langsung bisa responsif. “Timnya siap semuanya,” ungkapnya.

Diberitahukan, hujan deras dan angin kencang menyebabkan pohon tumbang hingga atap terbang di Jakarta Selatan, salah satunya di food court Rasuna Garden, Epicentrum, Kuningan.

Peristiwa atap yang dihempas angin kencang juga diungkap oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. Sutopo meminta masyarakat mulai menyadari tanda-tanda akan terjadinya angin kencang seperti yang muncul di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.

“Angin kencang landa Kuningan Epicentrum Jakarta sesaat sebelum hujan pada 10/12/2018 siang. Tanda-tandanya sebelum kejadian cuaca rasanya gerah dan sumug. Baju sampai badah keringatan,” tutur Sutopo dalam akun twitternya, @Sutopo_PN.

Lihat juga...