Kebun Distan Temanggung Dijadikan Sumber Entres Kopi Robusta

Kopi, ilustrasi - Dok: CDN

TEMANGGUNG – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, mengembangkan kebun sumber entres kopi robusta. Upaya tersebut, untuk mendukung penyediaan benih unggul tanaman kopi di daerah tersebut.

Kabid Perkebunan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung, Untung Prabowo, mengatakan, dalam dua tahun terakhir, pihaknya menambah jumlah klon kopi robusta di kebun entres. Semula di daerah tersebut, hanya ada tiga klon. Dengan demikian kini ada enam klon yang telah disertifikasi. Kebun entres merupakan kebun penghasil bahan sambung tanaman kopi (entres), yang akan digunakan sebagai batang atas dalam perbanyakan tanaman secara vegetatif.

Di kebun entres, ditanam klon-klon unggul tanaman kopi guna meningkatkan produksi. Selain untuk bahan sambung, entres juga bisa digunakan untuk pembuatan stek berakar, yang nantinya bisa ditanam di lahan tanpa harus dilakukan penyambungan. Kebun sumber entres kopi robusta tersebut berada di Kebun Dinas Desa Medari Kecamatan Ngadirejo, dengan luas lahan 1,4 hektare. “Kebun itu sudah ditetapkan, sudah keluar SK Menteri Pertanian, sehingga kalau masyarakat membeli entres di situ secara administrasi dan asal usul, bisa dipertanggungjawabkan bahwa itu klon unggul,” tandasnya.

Lihat juga...