Kelompok Peternak di Rejang Lebong, Dibantu Bibit Ternak Gratis

128
Peternakan ayam, ilustrasi -Dok: CDN

REJANG LEBONG – Dinas Pertanian dan Perikanan (Dispertan) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, memberi bantuan bibit ternak gratis, kepada masyarakat yang tergabung dalam kelompok peternak di daerah itu.

Plt Kabid Peternakan Dispertan Kabupaten Rejang Lebong, yang juga Kepala Puskeswan Curup, drh Firi Asdianto, mengatakan, bibit ternak yang dibagikan adalah ayam kampung dan itik. Jumlah keseluruhannya mencapai 3.000 ekor. “Yang kami bantu pada tahun ini ialah bibit ayam kampung 1.500 ekor dan itik 1.500 ekor. Bantuan bibit ternak ini dibagikan melalui kelompok peternak di 15 kecamatan di Rejang Lebong. Pemberian bantuannya sudah selesai kami laksanakan sebulan yang lalu,” katanya, Senin (3/12/2018).

Selain memberikan bantuan bibit, Dispertan juga memberi bantuan bahan-bahan pembuatan kandang seperti atap seng, kayu, paku. Kemudian bantuan pakan ternak hingga satu ton per kelompok. Program bantuan bibit ternak tersebut, untuk menyukseskan program Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong, berupa program pemberian bibit gratis. Setiap kelompok mendapatkan bantuan 300 ekor ternak.

Bantuan tersebut, merupakan upaya untuk meningkatkan derajat perekonomian masyarakat melalui usaha peternakan. Kelompok penerima diharapkan bisa mengembangkan usaha tersebut, sehingga bisa memberi penghasilan. Telur ayam kampung maupun telur itik yang berhasil diproduksi, bisa di konsumsi dan dijual untuk menambah pendapatan keluarga.

“Tahun depan bantuan yang kami berikan bertambah jenisnya yaitu ayam petelur. Nantinya bantuan yang akan diberikan totalnya 3.500 ekor dengan rincian 1.500 ekor ayam kampung, 1.000 itik, dan 1.000 ayam petelur,” tambahnya.

Kelompok peternak yang menerima bantuan, nantinya akan diseleksi. Kelompok peternak calon penerima bantuan, harus memiliki anggota lima hingga 20 orang, dan bantuan yang diterima hanya satu jenis ternak saja. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...