Kelompok Tani di Babel Terima Bantuan 13.000 Bibit Kopi

PANGKALPINANG  – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman Djohan, menyerahkan bantuan 13.000 bibit kopi robusta kepada kelompok tani Belitung Timur, guna memperkuat ikon kabupaten itu sebagai kota 1001 warung kopi.

“Saya meminta kelompok tani untuk segera menanam dan merawat tanaman kopi ini dengan sebaik-baiknya,” kata Erzaldi Rosman Djohan usai menyerahkan bantuan kepada sembilan kelompok tani Kabupaten Belitung Timur, Sabtu.

Ia mengatakan, bantuan 13.000 bibit kopi robusta berasal dari APBN 2018, dalam upaya pemerintah meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani sekaligus mendukung program Pemerintah Kabupaten Belitung Timur menjadikan daerah itu sebagai kota 1001 warung kopi.

“Intinya, Belitung Timur dijuluki kota 1001 warung kopi dan ini harus didukung dengan tanaman kopi yang berkualitas. Kita bisa malu dengan orang yang datang, karena julukan 1001 warung ini tidak didukung kebun kopi,” katanya.

Menurut dia, kelompok petani yang telah mendapatkan bantuan bibit kopi, harus memelihara tanaman ini dengan baik agar tahun depan dapat bantuan lagi dari pemerintah.

“Kopi ini, jangan hanya sebagai kopi seperti pada umumnya, namun harus dibuat kopi berbeda dengan lainnya, dengan kata lain ada inovasi sebagai ciri khas kopi khas daerah ini,” katanya.

Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erwin Krisnawinata, berharap, bantuan bibit ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh petani kopi, sebagai upaya diversifikasi pengembangan komoditi perkebunan di Bangka Belitung, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Mudah-mudahan komoditi kopi ini, bisa menjadi salah satu unggulan di Bangka Belitung,” katanya. (Ant)

Lihat juga...