Kementerian BUMN-Kementerian Desa PDT Kolaborasi Mandirikan Desa

143

SUKABUMI — Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno serta Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), Eko Putro Sandjojo berkolaborasi membantu masyarakat agar lebih mandiri.

“Program yang mengkolaborasikan dua kementerian ini tujuannya bisa meningkatkan pendapatan dari aktivitas usaha, maka dari itu dari Kemendes PDT meminta bantuan kami untuk bagaimana warga desa memanfaatkan potensi usahanya di daerahnya masing-masing,” kata Rini di Sukabumi, Rabu (5/12/2018).

Menurut dia, ternyata potensi yang dimiliki warga desa di Sukabumi, Jawa Barat ini sangat baik. Untuk itu pihaknya mendorong agar masyarakat membentuk usaha seperti Pertamina Shop yaitu menjual bahan bakar minyak (BBM) di desa, kemudian produk khas desa dan produk BUMN lainnya.

Sehingga dengan adanya usaha tersebut masyarakat desa bisa memanfaatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam melakukan aktivitas usaha. Diharapkan kolaborasi ini perputaran uang di desa meningkat.

Harapan lainnya, pihaknya bisa memberikan bantuan pendidikan, pembinaan sehingga warga desa menjadi manager yang handal dalam bidang usahanya masing-masing dalam meningkatkan taraf ekonominya.

“Selain memberikan bantuan usaha kami juga fokus dalam membentuk dan meingkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di desa agar mereka lebih terampil dan mandiri sehingga kesejahteraannya terus meningkat,” tambahnya.

Sementara Mendes PDT, Eko Putro Sandjojo, mengatakan sesuai dengan instruksi Presiden RI, Joko Widodo, dalam meningkatkan pendapatan warga desa selain didorong melalui Dana Desa juga peningkatan SDM sangat penting dalam mengelola suatu usaha.

“Ke depannya dengan adanya kolaborasi dua kementerian ini, masyarakat desa bisa lebih memanfaatkan potensi yang ada di desanya masing-masing. Dan kami pun akan memberikan pelatihan-pelatihan,” katanya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...