Khofifah Jajaki Kerja Sama Teknologi dengan Taiwan

JAKARTA – Gubernur Jawa Timur terpilih, Khofifah Indar Parawansa, berkunjung ke Taiwan  guna menjajaki kerja sama teknologi dengan Taiwan.

Pada kunjungan tersebut Khofifah juga mengunjungi Radio Taiwan Internasional (RTI) yang memiliki program berbahasa Indonesia. Demikan keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Kunjungan Khofifah ke Taiwan tersebut merupakan yang ke dua kalinya. Ada pun kunjungan dia ke Taiwan kali ini, lebih banyak difokuskan pada penjajakan kerja sama dengan beberapa perusahaan berskala besar di Taiwan, termasuk BUMN Taiwan. Juga perusahaan minyak negara China Petroleum Corporation (CPC) dan perusahaan jasa telekomunikasi nasional Chunghwa Telecom.

Khofifah menyampaikan, saat berkunjung ke CPC, dirinya membahas peluang kerja sama antara CPC dengan Jawa Timur, terutama karena provinsi tersebut memiliki sumber gas alam kedua terbesar di Indonesia setelah Riau.

CPC Taiwan diharapkan dapat melakukan investasi pembangunan Terminal LNG (liquefied natural gas) di Jawa Timur setelah Khofifah dilantik secara resmi sebagai Gubernur Jawa Timur pada bulan Februari 2019.

Kebutuhan terminal LNG di Jawa Timur dianggap sangat mendesak untuk segera direalisasikan. Khofifah juga bercerita tentang kekagumannya akan baterai yang diproduksi oleh Gogoro Smartscooter.

Dalam kunjungan ke perusahaan tersebut, Khofifah melihat produksi motor listrik Gogoro Smartscooter yang banyak digunakan oleh masyarakat Taiwan dalam rangka hemat energi dan peduli lingkungan.

Teknologi motor listrik tersebut diharapkan dapat diterapkan di Jawa Timur. Salah satu teknologi itu adalah sistem penggantian dan pengisian baterai yang sangat cepat dalam waktu enam detik bagi pengguna Gogoro Smartscooter.

Bagi Khofifah, teknologi terkini harus dapat dilihat oleh masyarakat Indonesia dalam rangka menuju industri 4.0 serta meningkatkan efektivitas dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Ant)

Lihat juga...