KONI DKI Targetkan Juara Umum Pon XX Papua

187
Ilustrasi KONI - Foto: Dokumentasi CDN

JAKARTA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta, mulai Januari 2019 bergerak, mempersiapkan diri untuk POM XX Papua. Hal itu untuk memenuhi target menjadi juara umum PON XX yang akan berlangsung 2020.

“Persiapan kami terlambat, karena daerah lain sudah mulai melakukan persiapan sejak 2017, sementara kami baru akan mulai tahun depan,” kata Ketua Umum KONI DKI, Djamhuron P Wibowo, Jumat (28/12/2018).

KONI akan bekerja keras, mengurangi ketertinggalan yang dialami. Keterlambatan KONI DKI Jakarta untuk melakukan persiapan, dipengaruhi kondisi kisruh di internal organisasi tersebut. Termasuk masalah antara, KONI dengan Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda).

Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta, Syahrial, yang hadir dalam acara tersebut menilai, konflik yang dialami KONI DKI cukup sengit. Hal itu berimbas, prestasi olahraga DKI sangat memprihatinkan. Untuk menyelesaikan konflik antara KONI dengan Disorda, DPRD DKI Jakarta, harus berdebat sengit dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tersebut.

Namun, akhirnya disepakati, bahwa untuk pembinaan olahraga masyarakat, kewenangan ada di Disorda. Sementara untuk olahraga prestasi ditangani KONI. “Pembagian kewenangan ini juga membuat dana hibah untuk KONI tak perlu lagi dititipkan di Disorda, tapi bisa langsung masuk rekening KONI. Anggarannya juga naik dari Rp20 miliar pada 2018, menjadi Rp201 miliar di 2019,” kata Syahrial.

Sementara mengenai masalah di internal KONI DKI Jakarta, telah selesai, setelah Djamhuron terpilih menjadi Ketua Umum KONI periode 2017-2021. Pemilihan dilakukan melalui Musyawarah Olahraga Provinsi Luar Biasa (Musorprovlub) di Gelanggang Remaja Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur, pada 19 Januari 2018. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...