Koperasi Tamanmartani: Kawasan Kampung Homestay Cocok Jadi Sentra Kuliner

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

YOGYAKARTA — Koperasi Tamanmartani Sejahtera sebagai pengelola Desa Mandiri Lestari Tamanmartani Kalasan Sleman menilai kawasan Kampung Homestay Damandiri di dusun Karangmojo cocok dijadikan sebagai kawasan sentra kuliner di tingkat desa.

Koperasi Tamanmartani
Manager Koperasi Tamanmartani Sejahtera Maimunah. Foto: Jatmika H Kusmargana

Sejak Yayasan yang didirikan oleh HM Soeharto menetapkan daerah tersebut sebagai Kampung Homestay Damandiri 2017 lalu, kawasan ini terus mengalami perkembangan pesat. Dimana banyak tamu luar daerah yang datang menginap serta banyak bermunculan sejumlah UKM di bidang kuliner. Terlebih di kawasan ini juga berdiri Warung Cafe Rakyat Damandiri.

Manager Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Maimunah mengatakan, adanya kawasan sentra kuliner di Kampung Homestay dusun Karangmojo ini diharapkan dapat semakin mendorong pengembangan desa Tamanmartani sebagai desa wisata.

Pasalnya di desa Tamanmartani sendiri sudah banyak terdapat kawasan wisata, seperti tubbing Kali Opak, wisata air belik Jongkagan, wisata outbond hingga edukasi pengolahan sampah.

“Kita akan dorong kampung ini menjadi kawasan wisata kuliner di tingkat desa. Dimana bermacam jajanan kuliner bisa dijual oleh masyarakat disini. Jika ada wisatawan yang datang mengunjungi sejumlah tempat wisata yang ada, bisa mampir membeli makanan ataupun oleh-oleh disini,” katanya.

Pengembangan kampung homestay Damandiri sebagai kawasan wisata kuliner itu, nantinya juga diharapkan dapat semakin mendorong peningkatan jumlah kunjungan ke Warung Cafe Rakyat Damandiri, maupun sejumlah homestay yang ada. Termasuk mendorong munculnya kawasan ekonomi baru di tingkat desa, khususnya di dusun Karangmojo.

“Dengan menjadi kawasan sentra kuliner, otomatis warga masyarakat sekitar juga akan bisa berjualan. Sehingga kesejahteraan mereka pun akan semakin meningkat,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang warga dusun Karangmojo, Anisa mengaku mendukung penuh rencana pengembangan dusun Karangmojo sebagai kawasan sentra kuliner di tingkat desa.

Warga yang berjualan aneka makanan seperti nasi ayam dan lele ini, mengaku mengalami peningkatan omset luar biasa. Tepatnya semenjak program Desa Mandiri Lestari berjalan, dengan berdirinya sejumlah homestay dan warung cafe rakyat Damandiri di dusunnya.

“Sejak adanya homestay dan warung Damandiri, kawasan ini semakin ramai. Otomatis dagangan daya juga semakin laris. Apalagi jika nanti disini jadi kawasan sentra kuliner. Pasti akan semakin ramai lagi. Tentu warga masyarakat sekitar akan semakin diuntungkan,” katanya.

Lihat juga...