Kota Padang Berharap Memiliki Desa Mandiri Lestari

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

175

PADANG — Program Desa Mandiri Lestari, hingga kini masih menjadi harapan bagi masyarakat di Kota Padang. Koperasi Serba Usaha (KSU) Dewantara Ranah Minang (Derami) yang menjadi mitra Yayasan Damandiri, mengaku sangat berharap program tersebut dapat diterapkan di Ibu Kota Sumatera Barat tersebut.

Ketua KSU Derami Padang Sayu Putu Ratniati/Foto: M. Noli Hendra

Ketua KSU Derami, Sayu Putu Ratniati mengatakan, hingga penghujung tahun ini, Padang masih menunggu adanya program Desa Mandiri Lestari menghampiri daerah yang berjuluk kota bengkuang tersebut. Setidaknya, dari pihak Yayasan Damandiri bisa datang terlebih dahulu guna memastikan kecocokan menjadi DML

“Begitu besar harapan kami adanya Desa Mandiri Lestari ini. Jadi supaya tidak hanya omongan kami saja, kami berharap pihak dari Yayasan Damandiri dapat datang ke Padang, untuk melihat potensi yang mungkin bisa diwujudkan,” katanya, Senin (3/12/2018).

Adanya keinginan yang begitu besar, karena wilayah Sumatera Barat kaya dengan hasil bumi dan didukung oleh letak geografis yang terdiri dari laut, pegunungan, dan bentangan dataran yang luas, membuatnya menjadi daerah penghasil pangan yang bagus. Mulai dari hasil pertanian dan perkebunan, juga tangkapan nelayan di laut lepas, yang turut menopang perekonomian masyarakatnya.

Keberadaan potensi ini, Padang dipandang layak menjadi Desa Mandiri Lestari. Karena secara prinsipnya program tersebut adalah sebuah kerjasama atau gotong-royong antara semua elemen masyarakat modern. Hal itu, secara tidak langsung telah menjadi kebudayaan dan adat istiadat di Minangkabau.

“Seandainya Desa Mandiri Lestari terwujud di Padang, prinsipnya itu telah berjalan. Begitu juga dengan potensi ekonomi di masyarakat, juga terlihat cukup bagus,” katanya lagi.

Menurutnya, Desa Mandiri Lestari yang akan mewujudkan desa yang memiliki perekonomian yang bagus dari berbagai sektor seperti pertanian, perkebunan, dan ekonomi kreatif, juga beriringan dengan kondisi di Padang, yang juga terdapat potensi yang demikian.

Sebut saja di kawasan Bungus Teluk Kabung Padang, di sana cukup luas pertanian dan perkebunan, serta juga perikanan. Potensi wisata akan mampu menjadi desa yang indah, apabila didukung oleh Yayasan Damandiri melalui program Desa Mandiri Lestari.

Tidak hanya itu, di Padang cukup banyak tempat-tempat yang potensial. Meski merupakan daerah ibu kota dari Provinsi Sumatera Barat, persoalan ekonomi lemah belum bisa dikatakan terbebas 100 persen.

“Kita itu di Padang ini meskipun kota besar di Sumatera Barat, masih banyak lagi kehidupan masyakarat di bawah garis kemiskinan. Kebanyakan keberadaan masyarakat kurang mampu itu, berada di daerah pinggiran dan daerah terjauh,” sebutnya.

Untuk mengingat tahun 2018 hampir berakhir dan hendak memasuki tahun 2019, diharapkan pada tahun depan Desa Mandiri Lestari dapat terwujud. Cita-cita itu sudah lama di impikan, tidak hanya bagi KSU Derami, tetapi juga bagi masyarakat di Kota Padang.

Baca Juga
Lihat juga...