KPU Balikpapan Data Pemilih Aktif Belum Masuk DPT

Editor: Satmoko Budi Santoso

BALIKPAPAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan, masih mencermati ataupun mendata satu per satu data pemilih aktif yang belum masuk pada Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Pasalnya, secara nasional ada sekitar 31 juta pemilih yang belum terdaftar dalam DPT dan untuk Balikpapan jumlahnya mencapai 72 ribu pemilih aktif belum masuk dalam DPT.

Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha, menerangkan, angka 72 ribu nama yang belum masuk itu dicermati satu per satu dengan melibatkan pihak terkait hingga tingkat RT setempat.

“DPT kota Balikpapan sebenarnya sudah kami tetapkan. Hanya saja KPU mendapatkan data pemilih dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang seharusnya memiliki hak pilih, tapi tidak terdaftar dalam DPT,” katanya, Selasa (11/12/2018).

Menurut Noor Thoha, data yang dicermati itu dengan mendatangi Ketua RT setempat kemudian menanyakan langsung, apakah pemilih tersebut masih tinggal, hidup, atau sudah pindah domisili ke luar kota.

“Hal itu harus dilakukan untuk mengetahui secara pasti data pemilih. Pemilih aktif tapi tidak masuk menjadi DPT inilah yang menjadi tugas KPU untuk menelusuri,” tandasnya.

Ketika ditanya kemungkinan akan menambah jumlah TPS di kota Balikpapan karena adanya perubahan DPT, Thoha mengatakan, belum bisa memastikan. Hanya saja jumlah pemilih aktif yang masih dicermati tersebut bisa dimasukkan atau dialihkan ke TPS yang pemilihnya masih di bawah 300 pemilih.

“Belum bisa dipastikan, apakah ada penambahan TPS atau tidak. Akan tetapi kami akan arahkan ke TPS terdekat. Minimal tidak jauh dari tempat pemilih tersebut berdomisili,” ujar Noor Thoha.

Lihat juga...