KPU Balikpapan Gencarkan Sosialisasi ke Pelajar dan Mahasiswa

Editor: Makmun Hidayat

BALIKPAPAN — Untuk mencapai target partisipasi pemilu pada 2019 nanti, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan gencar sosialisasi ke pemilih pemula seperti sekolah dan perguruan tinggi.

Target partisipasi pemilih sendiri sebesar 70 persen dan sosialisasi ke sekolah dan perguruan tinggi dituntaskan hingga 23 Desember mendatang.

Komisioner KPU Balikpapan, Endang Susilowati, mengungkapkan dalam pelaksanaan sosialisasi KPU juga menyelenggarakan kursus ke-pemilu-an untuk pemilih pemula seperti pelajar SMA dan BEM kampus.

“Kami melaksanakan kursus ke-pemilu-an untuk pemilih pemula seperti pelajar SMA dan BEM kampus pada 18-19 Desember kemarin. Targetnya seluruh sosialisasi rampung akhir tahun, dan tahun 2019 dilanjutkan ke program Goes to School,” terangnya Kamis (20/12/2018).

Pada Januari 2019 untuk tahun anggaran baru, Endang mengatakan giat KPU Goes to Campus dan KPU Goes to School menjadi program KPU Balikpapan dengan sasaran 40 persen dari seluruh masyarakat pemilih. “Sasarannya 40 persen dari seluruh masyarakat pemilih,” sebutnya.

Tidak ke sekolah dan kampus, sosialisasi juga dilakukan melalui Rumah Pintar Pemilu dimana pemilih pemula yang datang diajak untuk berdiskusi demokrasi dan partisipasi dalam pemilu.

“Sampai akhir tahun ini kami maksimalkan giat-giat sosialisasi termasuk mengajak aktivis mahasiswa menjadi peserta seperti GMNI, PMII, HMI dan GMKI,” bilang Endang Susilowati.

Selain itu, KPU juga melakukan sosialisasi kepada penyandang disabilitas dan kaum perempuan yang memiliki hak suara.

“Sosialisasi dengan mengundang PKK tingkat kota dan komunitas difabel. Dengan harapan mereka juga menggunakan hak suaranya pada pemilu 2019,” imbuhnya.

Endang menyebutkan upaya yang dilakukan dalam melakukan sosialisasi ke sekolah, kampus dan lainnya dapat meningkatkan partisipasi pemilih. Bahkan peserta sosialisasi turut menjadi Duta Demokrasi yang menyampaikan pengetahuan mereka tentang Pemilu kepada masyarakat pemilih lainnya.

“Target kita 70 persen partisipasi pemilih dari DPT 464.114 orang yang harus dicapai pada 17 April 2019,” tutupnya.

Lihat juga...