KPU Banyumas Sosialisasikan Surat Suara

Editor: Mahadeva WS

BANYUMAS – Pemilu 2019 yang menggelar Pemilihan Legislatif (Pileg), Pemillihan DPD dan Pilpres, membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) di daerah, harus bekerja keras melakukan sosialisasi. Ada lima surat suara yang akan diterima oleh pemilih, dan dipastikan akan membuat repot pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Ukuran kertas surat suara yang digunakan dalam Pemilu 2019 juga lumayan besar.

Minggu (16/12/2018), KPU Banyumas menggelar sosialisasi surat suara di Desa Karangtalun Kidul, Kecamatan Purwojati. Acara di balai desa tersebut, dihadiri puluhan warga. Warga desa diperkenalkan dengan lima surat suara, yaitu surat suara untuk calon presiden, calon anggota DPR RI, DPRD propinsi, DPRD kabupaten dan calon anggota DPD.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Banyumas, Hanan Wiyoko, mengatakan, dalam sosialisasi KPU juga mengenalkan warna surat suara. Hal itu menjadi pedoman, supaya pemilih tidak bingung ketika berada di TPS. Pemilih diharapkan bisa membedakan surat suara berdasarkan warna, yaitu warna hitam untuk surat suara pilpres, kuning untuk DPR RI, merah untuk DPD, biru untuk DPRD provinsi dan hijau untuk DPRD kabupaten.

Lihat juga...