KPU: DPT di Kabupaten Sambas Berkurang 2.406 Pemilih

Ilustrasi warga mengecek DPT Pemilu [CDN]

PONTIANAK — Ketua Komisi Pemilihan Pemilu (KPU) Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Sudarmi mengatakan pihaknya telah melaksanakan penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan kedua (DPT HP 2) dan ditetapkan ada 429.331 pemilih.

“Setelah diperbaiki yang dilakukan selama 30 hari DPT Kabupaten Sambas untuk Pemilu 2019 berkurang sebanyak 2.406 pemilih jika dibandingkan dengan Pilkada Gubernur Kalbar 2018,” ujarnya saat dihubungi di Sambas, Rabu (12/12/2018).

Sudarmi menyebutkan bahwa pengurangan yang ada sudah masuk dalam bagian yang dicermati yakni pemilih ganda dan pemilih yang telah meninggal dunia. Menurutnya selama ini tidak ada istilah dari KPU RI data yang sudah masuk dianggap final. Meskipun kita berharap data yang ada sudah final.

“Namun ini akan selalu dinamis jika ditemukan hal-hal yang perlu dan harus diperbaiki maka kita akan melakukan perbaikan tersebut,” kata dia.

Ia menambahkan bahwa dengan telah ditetapkannya DPTHP2 yang ada maka KPU berharap kepada seluruh masyarakat yang telah terdaftar dalam daftar pemilih agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan sebaik mungkin.

“Jika memang masih ada warga Kabupaten Sambas yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih namun belum terdaftar maka segera melapor untuk dimasukan ke DPK agar bisa menggunakan hak pilihnya,” papar dia.

Ia juga mengajak masyarakat untuk ikut dan andil dalam menyukseskan setiap tahap pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Masyarakat diminta menjaga ketertiban dan kemanan di lingkungan masing-masing serta tidak menyebarkan isu hoaks.

“Kami mengajak mari bersama menjaga dan menyukseskan pesta demokrasi kita ini lebih bermartabat dan berkualitas. Peran serta masyarakat sangat penting dalam menyukseskanya di setiap tahapan Pemilu. Mari kita ciptakan Pemilu damai, Pemilu bersih dan Pemilu yang berkualitas sebagaimana harapan kita bersama,” ajak dia. [Ant]

Lihat juga...