KSU Derami Kembangkan Usaha Pertanian di Padang

Editor: Satmoko Budi Santoso

205

PADANG – Koperasi Serba Usaha (KSU) Dewantara Ranah Minang (Derami) Padang, Sumatera Barat, melalui unit usaha Tabur Puja, di 2019, akan menjalani usaha di sektor pertanian sebagai bentuk kepedulian Yayasan Damandiri.

Manajer Tabur Puja Padang, Margono Okta, mengatakan, sebelumnya yayasan yang didirikan oleh Presiden Soeharto ini, telah menawari beberapa sektor untuk bisa dikembangkan, seperti peternakan, perikanan, serta pertanian. Namun setelah dilihat situasi dan potensi yang ada, pertanian adalah hal yang cocok.

“Di Padang cukup banyak lokasi yang bisa dilakukan aktivitas pertanian. Bahkan hampir di seluruh kecamatan di Padang memiliki potensi tersebut. Sementara perikanan dan peternakan tidak begitu potensial,” katanya, Selasa (4/12/2018).

Manajer Tabur Puja Padang, Margono Okta/Foto: M. Noli Hendra

Menurutnya, pengembangan usaha di sektor pertanian itu melalui sokongan Yayasan Damandiri agar dapat menggairah-kan para petani.

Meno, sapaannya, menjelaskan, salah satu upaya yang dilakukan yakni, memberikan beragam bantuan peralatan pertanian yang tujuannya memudahkan kelompok petani mengolah lahan.

Seperti misalnya, yang biasanya pada 1 hektare sawah melibatkan 20 orang untuk menanam padi dan memakan waktu satu hari, maka melalui mesin tanam, hanya butuh dua orang saja.

“Pekerjaan menanam padi dengan mesin cukup 3 jam saja selesai,” tambahnya.

Menggunakan peralatan pertanian itu, maka produksi panen bisa meningkat tiap tahu. Dimana dari 2 kali menjadi 3 kali panen per tahun.

Apalagi, sejauh ini, di KSU Derami Padang juga banyak anggota yang berprofesi sebagai petani. Ada  rencana pengembangan unit usaha di sektor pertanian juga akan bersinergi dengan anggota koperasi.

Sementara, Ketua KSU Derami Padang, Sayu Putu Ratniati, mengatakan, pengurus mendukung adanya pengembangan usaha di sektor pertanian itu. Selain bagus untuk pengembangan, juga bagus bagi masyarakat yang dapat merasakan dampaknya.

“Ya kita pasti senang. Karena memang di tahun 2019 mendatang, banyak program Damandiri yang menyentuh bagi masyarakat di Padang. Kita berharap masyarakat dapat menyambut baik adanya program tersebut,” harapnya.

Menurutnya, selain adanya rencana pengembangan di sektor pertanian pada tahun 2019 mendatang, juga banyak hal baru di tahun 2019. Seperti bedah rumah, dan akan ada rencana gerobak usaha, serta program dari KSU Derami sendiri di berbagai pilar.

“Di pilar kesehatan akan ada program kita seperti khitanan massal, pelatihan guru PAUD, dan banyak program lainnya lagi,” sebutnya.

Baca Juga
Lihat juga...