KUD Musi Banyuasin Raih Penghargaan Kementan

193
Ilustrasi KUD - Dok CDN

PALEMBANG – Sebanyak empat Koperasi Unit Desa (KUD), di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, mendapat penghargaan Kementerian Pertanian. Mereka sukses sebagai pilot project peremajaan lahan sawit, di lahan seluas 4.446 hektare.

Kepala Bagian Humas Pemkab Muba, Herryandi Sinulingga AP, mengatakan, pemerintah pusat juga menilai program-program lain yang dimiliki oleh KUD. Terutama di bidang perkebunan, yang cukup gencar bergerak di Muba. “Penghargaan di bidang perkebunan ini merupakan penghargaan dan apresiasi dari Kementerian Pertanian yang akan diberikan kepada 18 Bupati se-Indonesia,” tandasnya, Minggu (9/12/2018).

Kepala Dinas Perkebunan Muba, Iskandar, menyebut, penghargaan diberikan kepada KUD Mukti Jaya Kecamatan Sungai Lilin, KUD Sumber Jaya Lestari Kecamatan Keluang, KUD Tri Bakti Sentosa Kecamatan Keluang, dan KUD Suka Makmur Kecamatan Sungai Lilin. “Semoga nantinya KUD lainnya di Muba akan termotivasi, dan tahun-tahun berikutnya akan mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pertanian,” tandasnya.

Selain itu, apresiasi dan penghargaan yang diberikan Kementerian Pertanian kepada Muba adalah, dalam hal pembangunan berkelanjutan, untuk komoditas sawit dan karet di Muba. “Indikatornya adalah untuk perkebunan sawit, proses peremajaan PSR yang telah berjalan dengan baik, serta jumlah luasan yang diremajakan juga terus bertambah setiap tahun, dan di 2018 dari target 5.000 hektare, kita sudah mengusulkan dan memverifikasi seluas 6.208 hektare,” tambahnya.

Untuk komoditas karet, Muba dinilai mampu memberikan solusi di tingkat petani, dengan menggalakkan program UPPB/pasar lelang. Termasuk menyiapkan program penyerapan bokar, melalui pemanfaatan aspal Karet bagi Kabupaten di Muba. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...