Laju Kerusakan Pegunungan Cycloop Memprihatinkan

JAYAPURA – Aktivis lingkungan dari USAID Lestari, Deddy Rickson, mengatakan, laju kerusakan Cagar Alam Pegunungan Cycloop cukup memprihatikan. Dibutuhkan perhatian dari setiap pemangku kepentingan, untuk melindungi dan melestarikannya.

“Kalau kita lihat Cycloop ini, tingkat kerusakan atau laju kerusakannya cukup tinggi, pertahun bisa 5-10 hektare. Ini memang perlu komitmen bersama, bukan hanya kita atau BBKSDA, Dinas Kehutanan atau lainnya, tapi semua, karena jangan sampai terjadi bencana lalu saling menyalahkan,” kata Deddy Rickson, Minggu (16/12/2018).

Deddy, yang juga Koordinator Lanskap USAID Lestari di Cagar Alam Pegunungan Cycloop mengungkapkan, berdasarkan analisis yang dilakukan di 2013 hingga 2015, luas pembukaan lahan atau deforestasi di kawasan tersebut mencapai 275 hektare. Di 2015 hingga 2017, jumlahnya mulai menurun kurang lebih 32 hektare. “Yang sudah dibuka dan pada 2018 ini kami belum sempat lakukan analisisi, tapi saat teman-teman lakukan patroli menemukan pembukaan lahan-lahan yang baru,” tambahnya.

Lihat juga...