Lampung Gunakan Empat Kapal Evakuasi Seribuan Korban Tsunami

Puluhan rumah warga di Desa Kunjir milik sejumlah nelayan hancur diterjang gelombang tsunami. Foto: Henk Widi

BANDARLAMPUNG — Polda Lampung bersama Pemerintah Provinsi Lampung mengevakuasi ribuan warga yang terkena bencana tsunami di Pulau Sebesi dan Pulau Sebuku, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, dengan empat kapal.

“Terdata hingga pagi ini (Rabu,26/12) yang akan dievakuasi dari Pulau Sebesi 957 orang dan Pulau Sebuku 50 orang. Mereka akan dievakuasi ke Dermaga V, Pelabuhan Bakauheni, Lamsel,” kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Sulistyaningsih saat dihubungi melalui telepon dari Bandarlampung, Rabu (26/12/2018).

Sulis menjelaskan, korban bencana tsunami akan dievakuasi menggunakan empat kapal, yaitu KM Jembio, KM Trisula, KM Sabuk Nusantara, dan KM Jatra III.

“Pengangkutan akan difokuskan pada KM Jatra III dan KM Sabuk Nusantara. Sedangkan KM Trisula dan KM Jembio untuk ‘feeder” dari pelabuhan ke kapal,” kata dia menerangkan.

Kabid Humas menambahkan, hingga pagi ini dua kapal KM Jembio dan KM Trisula sudah siaga di Pulau Sebesi. Untuk dua kapal lainnya, KM Sabuk Nusantara dan KM Jatra III dalam perjalanan.

“Hingga pagi ini kondisi perairan di Pulau Sebesi tenang. Evakuasi sampai saat ini sedang berlangsung,” kata dia. [Ant]

Lihat juga...