Lapangan Pekerjaan Jadi Masalah Krusial di Babel

188
Bursa kerja, ilustrasi -Dok: CDN

KOBA – Ketersediaan lapangan pekerjaan, menjadi persoalan krusial di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang harus mendapat perhatian lebih serius.

“Lapangan pekerjaan menjadi persoalan krusial. karena terkait dengan laju pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah ini,” kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh, di Koba, Jumat (7/12/2018).

Ia menjelaskan, pemerintah daerah terus mendorong upaya peningkatan perekonomian masyarakat, terutama di daerah pedesaan, dengan memberdayakan dan membantu pengembangan usaha ekonomi kerakyatan.

Dorongan tersebut dilakukan dengan membantu berbagai aktivitas perekonomian yang dijalankan masyarakat.

“Pemerintah daerah menyalurkan bantuan peralatan untuk mendukung usaha bagi 12 kelompok usaha yang tersebar pada seluruh kecamatan di daerah ini, dan mereka layak dibantu karena kami menilai kekuatan ekonomo kerakyatan itu terdapat pada usaha yang mereka jalankan,” ujarnya.

Namun demikian, mantan Sekda Kabupaten Bangka Tengah itu mengingatkan kepada para kelompok usaha, untuk memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik.

Dengan demikian, diharapkan berbagai jenis usaha yang dijalankan masyarakat tersebut bisa maju dan berkembang, serta menjadi pondasi ekonomi keluarga yang sangat kokoh.

“Pemerintah daerah membutuhkan masyarakat yang bermental wira usaha, karena mereka memberikan kontribusi dalam membuka lapangan pekerjaan, mengurangi pengangguran sehingga pada akhirnya nanti mampu meningkatkan kesejahteraan,” ujar Ibnu Saleh.

Usaha kelompok yang mendapatkan bantuan tersebut beragam, di antaranya perbengkelan, menjahit, kuliner dan usaha ekonomi kreatif lainnya yang menyerap sejumlah tenaga kerja.

“Usaha yang berkembang di masyarakat sangat membantu pemerintah daerah, dalam membuka lapangan pekerjaan, karena mereka termasuk memberikan kontribusi penyerapan tenaga kerja yang cukup banyak,” kata Ibnu Saleh. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...