Legislator Desak Penyaluran Bantuan Bus Sekolah

Ilustrasi bus - Dok CDN

BIAK – Legislator di Kabupaten Biak Numfor, Papua, mendesak Pemerintah Kabupaten Biak Numfor dan Dinas Pendidikan setempat, segera menyalurkan bantuan operasional delapan bus sekolah.

Armada tersebut menjadi angkutan siswa di berbagai sekolah yang ada daerah itu. “Fraksi Nasdem-PDIP meminta organisasi perangkat daerah Disdik sebagai penanggunjawab pengelola bantuan bisa mempercepat penyaluran bantuan bus sekolah karena sangat dinantikan siswa di berbagai kampung,” ungkap juru bicara Fraksi Nasdem-PDIP DPRD Kabupaten Biak Numfor, Andrianus Mambobo, Minggu (16/12/2018).

Dari data diperoleh, pengadaan bus sekolah telah dilakukan pada 2017. Kegiatannya dibiayai dari alokasi dana otonomi khusus Papua Rp6 miliar. Hanya saja, bus sekolah yang saat ini sudah disiapkan di halaman kantor Dinas Pendidikan setempat, belum dapat disalurkan, karena proses administrasi dengan pihak ketiga.

“Fasilitas delapan bus sekolah yang sudah tiba di Biak sangat membantu ketersediaan angkutan dalam rangka menunjang pelayanan angkutan siswa mengikuti proses belajar mengajar di sekolah,” ungkap Mambodo.

Pengadaan delapan bus angkutan sekolah ditangani Bidang Sarana Prasarana Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor. Kegiatannya sudah direaliasikan di 2017. Akibat ketiadaan angkutan khusus yang melayani siswa ke sekolah, siswa yang rumahnya sangat jauh, harus terlambat masuk sekolah. Dari catatan Mambobo, hal itu telah cukup lama dialami anak-anak.  Oleh karenanya, Pemkab Biak Numfor melalui Disdik telah memprogramkan pengadaan delapan bus sekolah untuk armada angkutan siswa. (Ant)

Lihat juga...