Lestarikan Lingkungan, Polder Arenjaya Ditanami Pohon Sukun

Editor: Mahadeva WS

177

BEKASI – Kota Bekasi, terus membenahi lingkungannya. Salah satu yang dilakukan adalah, penanaman pohon sukun, yang dilakukan  di beberapa titik. Sudah ada 600 pohon sukun, yang ditanam dalam program pelestarian lingkungan Kota Bekasi, Jawa Barat (Jabar).

Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto – Foto M Amin

“Penanaman pohon sukun, menjadi program pelestarian lingkungan, Pemkot Bekasi, melibatkan partisipasi masyarakat,” kata Wakil Walikota Bekasi, Tri Adhianto di sela-sela penanaman 200 bibit pohon Sukun di Polder Arenjaya Bekasi Timur, Sabtu, (8/12/2018).

Penanaman pohon sukun di polder air, Kelurahan Arenjaya, menjadi program yang sudah dijalankan hingga minggu ke tiga. Pemkot Bekasi, akan terus konsen dan bergerak melakukan penghijauan lingkungan.  “Selama ini, Kota Bekasi yang kemarin sempat di bully karena di bilang Kota Bekasi panas. Sekarang 200 bibit sehingga sudah ada 600 pohon sukun ditanam. Kedepan bisa menyeluruh di 12 Kecamatan,” ungkap Tri Adhianto.

Pohon sukun, dipilih karena memiliki kultur tumbuh besar, buahnya bisa diolah menjadi menu kuliner berkarbohidrat, sebagai pengganti nasi. Tipe pohon sukun, berbuah sepanjang tahun, sehingga dapat dinikmati melalui berbagai olahan. Manfaat lain, pohon sukun bisa membantu mencegah banjir. Sehingga sangat memungkinkan, jika ditanam di jalur sungai atau polder air, atau waduk, di beberapa titik di wilayah Kota Bekasi.

Bibit sukun ada di Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi. “Banyak fungsi, selain pencegah banjir di wilayah Polder air, tentu dapat menjadi daya tarik wisata baru bagi masyarakat. Saat ini sudah ada yang mengelola seperti di Polder Air Pengasinan di Kecamatan Rawalumbu,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...