Libur Akhir Tahun, Lamin Etam Ambors Pilihan Warga Kaltim

Editor: Satmoko Budi Santoso

BALIKPAPAN – Libur panjang perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru) dimanfaatkan masyarakat Kalimantan Timur untuk bertamasya.

Salah satu lokasi yang digemari adalah Lamin Etam Ambors. Wisata alam dan rekreasi keluarga ini ramai dikunjungi masyarakat yang sedang berlibur.

Tempat wisata ini terletak di Kelurahan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara. Namun warga di Kota Balikpapan paling beruntung, karena akses paling dekat ada di kota ini.

Dari pusat kota Balikpapan, Lamin Etam Ambors bisa ditempuh sekitar setengah jam. Lokasi persisnya ada di Kilometer 28 jalan poros Balikpapan – Samarinda. Dari jalan raya ini, kita bisa masuk setelah melalui Markas Detasemen Kavaleri I.

Aksesnya mudah dijangkau. Semua moda kendaraan bisa melintasi. Mulai sepeda motor, mobil keluarga, sampai bus. Tempat parkir pun luas dan cukup representatif. Namun, belum ada angkutan umum yang bisa mencapai lokasi ini.

Selain akses yang gampang, wahana yang beragam dan tiket masuk yang cukup murah, rupanya menjadi alasan orang mendatangi tempat ini.

Pengunjung Lamun Etam Ambors Bambang Erawan – Foto Ferry Cahyanti

“Saya dari Tenggarong, perlu waktu setidaknya tiga jam untuk sampai di sini. Tapi cukup puas karena tempatnya bagus,” kata Bambang Erawan (39) yang datang bersama keluarga dan teman-temannya.

Pada libur panjang seperti akhir pekan ini, biasanya tiket masuk dijual agak tinggi. Di hari biasa, pengunjung hanya merogoh kocek Rp15 ribu. Tetapi setiap akhir pekan atau hari libur, harganya naik sedikit menjadi Rp25 ribu. Cukup murah buat warga Kalimantan Timur.

Dengan tiket sejumlah itu, pengunjung bisa menikmati taman-taman bunga, hamparan rerumputan hingga berfoto bersama satwa langka. Namun jika punya dana lebih, kita bisa mencoba berbagai permainan yang disediakan.

Yang suka uji adrenalin, coba saja permainan rubah terbang. Dengan ketinggian sekitar 10 meter dan jarak lebih dari 50 meter, meluncur dengan tali temali di atas danau buatan, rasanya cukup menyenangkan. Yang agak santai mungkin menyewa sepeda air. Tapi butuh dua orang berfisik prima agar bisa melaju.

Masih di atas danau, pengunjung bisa mencoba perahu dayung. Tak mau capek, tetapi ingin mengelilingi kawasan ini, bisa mencoba ATV, kereta thomas atau menunggang kuda. Rata-rata setiap permainan membutuhkan bujet antara Rp30 ribu sampai dengan Rp35 ribu. Kecuali ATV yang dibandrol cukup mahal Rp50 ribu dengan durasi sekitar 15 menit.

“Saya tadi mencoba terapi ikan, kasih makan merpati dan foto dengan hewan-hewan langka yang sudah jinak,” ungkap Bambang Erawan, Minggu (30/12/2018).

Binatang yang sudah dipersiapkan untuk pengunjung cukup beragam. Mulai iguana berukuran besar, elang Jawa, orangutan, monyet, burung enggang, burung hantu, ular dan sebagainya.

Pengunjung lainnya, Suryatman (40) dari Samarinda datang ke Lamin Etam Ambors karena ada acara dengan teman-teman kerjanya.

“Tempat ini dipilih karena menyediakan fasilitas untuk gathering, jadi cukup lengkap fasilitasnya,” kata dia. Bagi pelancong yang lupa membawa bekal dari rumah tak perlu khawatir. Karena Lamin Etam Ambors juga menyediakan food court dan berbagai kantin yang menyediakan makanan dan minuman. Mulai dari sekadar cemilan, sampai makanan berat.

Jadi, buat Anda yang ingin menghabiskan libur akhir tahun, mengapa tak mencoba Lamin Etam Ambors?

Lihat juga...