Liburan di Mekarsari, Makan Buah dan Selfie

Editor: Satmoko Budi Santoso

BOGOR – Seperti yang sudah dicanangkan, pada bulan Desember ini, Taman Buah Mekarsari membuka paket kunjungan ke kebun buah. Para pengunjung dapat melakukan pemesanan buah dan makan buah di tempat.

Marketing Communication Taman Buah Mekarsari, Firman Setiawan, mengatakan, bahwa para pengunjung bisa memilih untuk datang ke Mekarsari dengan memesan paket terlebih dahulu atau datang langsung dan memilih paket saat tiba di Mekarsari.

“Yang paling utama adalah tur di kebun durian. Karena memang panen durian ini sudah banyak ditunggu oleh para pengunjung. Pengunjung yang mengambil paket hemat maupun paket tur kebun berhak untuk berkunjung ke kebun durian. Walaupun tidak semua varian durian yang dimiliki oleh Mekarsari kami hadirkan di dalam paket ini. Tapi semua yang unggulan ada, seperti matahari, aji mas, lai mas, aden dan petruk,” ujar Firman kepada Cendana News, Sabtu (22/12/2018).

Saat Cendana News memasuki area kebun durian, memang terlihat beberapa pondok yang penuh dengan tumpukan durian. Terdapat juga beberapa spot yang menyediakan es krim durian, jus buah Mekarsari dan air mineral.

“Kita sengaja menyiapkan air mineral untuk para pengunjung. Takutnya kalau habis makan durian terus minum jus atau makan es krim malah kekenyangan,” ucap Firman sambil tertawa.

Pengunjung Taman Buah Mekarsari sedang memilih buah durian – Foto Ranny Supusepa

Setelah durian, pengunjung juga dapat menikmati panen rambutan, manggis dan belimbing di sepanjang liburan panjang akhir tahun.

“Khusus untuk rambutan, para pengunjung kami sediakan beberapa paket pemesanan pohon. Ada paket Rp350 ribu, pengunjung akan mendapatkan rambutan binjai dengan berat kurang lebih 30 kg. Atau jika ingin lebih banyak, bisa mengambil paket booking pohon dengan harga Rp675 ribu yang akan mendapatkan kurang lebih 50 kg buah rambutan binjai,” kata Firman.

Untuk keluarga yang jumlah anggotanya sedikit, bisa mengambil paket untuk berat sekitar 15 kg dengan harga Rp325 ribu. Atau untuk pasangan, ada paket couple seharga Rp175 ribu yang mendapatkan sekitar 8 kg buah rambutan binjai.

Untuk manggis, kata Firman, juga ada paket yang kita tawarkan pada pengunjung. Memang tidak sevariatif seperti rambutan. Tapi pastinya penawaran bagus untuk pengunjung, yaitu Rp350 ribu untuk mendapatkan 5 kg manggis.

Untuk semua paket ini, menurut Firman, adalah khusus dibawa pulang. Jadi para pengunjung bisa melakukan pemetikan, memakan buah selama proses pemetikan dan membawa pulang buahnya.

Hasil panen durian di Taman Buah Mekarsari – Foto Ranny Supusepa

“Jadi pengunjung selama memetik buah, boleh makan buah sampai kenyang. Nanti yang kita timbang adalah yang dimasukkan ke dalam peti,” ujarnya.

Selain penawaran paket buah, khusus untuk liburan kali ini, Taman Buah Mekarsari juga mengadakan lomba foto yang bertema aktivitas liburan di Mekarsari.

“Pengunjung tinggal mengunggah foto-foto mereka selama liburan di Mekarsari ke Facebook Mekarsari. Jenis fotonya bebas, boleh selfie, ataupun foto keluarga besar. Yang penting ditulis hastag, #tamanbuahmekarsari, #banjirdurian, dan #liburanakhirtahun2018. Kami tunggu hingga  6 Januari 2019,” kata Firman.

Proses penjurian dilakukan seminggu setelah tanggal 6 Januari 2019. Hasilnya akan diumumkan di semua media sosial milik Mekarsari.

Lihat juga...