Liburan, Perlu Perhatian Kebersihan Lokasi Wisata

BANDA ACEH – Anggota Dewan Perwakailan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Irwansyah, mengingatkan kebersihan lokasi wisata menyusul meningkatnya kunjungan wisatawan ke ibu kota Provinsi Aceh  misalnya di musim liburan seperti saat ini.

“Kami mengingatkan kebersihan lokasi wisata tetap terjaga. Jangan sampai ada sampah di lokasi wisata yang bisa merusak citra Kota Banda Aceh,” kata Irwansyah di Banda Aceh, Sabtu.

Kota Banda Aceh menjadi tujuan wisata. Kota Banda Aceh memiliki banyak destinasi wisata, seperti Masjid Raya Baiturrahman, Museum Tsunami, PLTD Apung, dan tempat lainnya.

“Biasanya, libur panjang seperti sekarang ini dimanfaatkan masyarakat berwisata ke Banda Aceh. Kehadiran wisatawan dari berbagai daerah ini tentu akan menambah pekerjaan Dinas Kebersihan menjaga agar Kota Banda Aceh tetap bersih dan nyaman,” kata dia.

Kepada wisatawan, Irwansyah mengimbau menjaga kebersihan tempat wisata yang dikunjungi, seperti membuang sampah pada tempatnya dan mengingatkan pengunjung lain tidak membuang sampah sembarangan.

Irwansyah mencontohkan kawasan Masjid Raya Baiturrahman yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Masjid kebanggaan masyarakat Aceh itu harus tetap dijaga kebersihannya.

Pihak pengelola diminta menjamin kebersihan dan kesucian Masjid Raya Baiturrahman, termasuk mencegah adanya campur baur laki-laki dan perempuan yang bukan mahram di tempat tersebut.

“Begitu juga dengan tempat wisata lainnya, jangan sampai dipenuhi sampah. Jika kebersihan tidak terjaga, tentu berdampak kepada promosi pariwisata Kota Banda Aceh,” kata Irwansyah.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu juga meminta Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh terus membenahi destinasi wisata, sehingga ibu kota Provinsi Aceh itu menjadi tujuan wisata, baik nusantara maupun mancanegara.

“Benahi destinasi wisata. Fasilitasnya juga harus terpenuhi, seperti toilet, ini harus bersih dan jangan sampai tidak ada air. Kendati ini persoalan kecil, namun cukup besar bagi promosi pariwisata,” pungkas Irwansyah. (Ant)

Lihat juga...